-->

Salah Satu Upaya Pencegahan Virus Filariasis Petugas Kesehatan Bagikan Obat Gratis Ke Warga Desa Cibening

Kader Posyandu memberikan obat kepada warga
Bungursari – Guna mencegah penyebaran virus Filariasis (kaki gajah) di tengah masyarakat, petugas kesehatan didampingi kader Posyandu Desa Cibening, menggelar kegiatan pemberian/pembagian obat kaki gajah secara gratis kepada masyarakat dan anak-anak di posyandu.

Pendamping kader Posyandu (PKP) Kecamatan Ries Dian menuturkan, bahwasanya pemberian obat filariasis yang digelar pada tanggal 08 Oktober 2019 ini, merupakan program pemberian obat pencegahan penyakit kaki gajah oleh Kementerian Kesehatan pada sekitar 5 tahun yang lalu.

“Pemberian obat pencegahan penyakit kaki gajah di Desa Cibening tahun ini, merupakan tahun ke 5 (terakhir) pengobatan"saat di konfirmasi oleh KIM Bungursari,(08/09/2019).

Namun jika diketahui terdapat warga yang tidak mengonsumsi obat kaki gajah sesuai aturan yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan selama kurun waktu 5 tahun ini, maka pemberian obat filariasis ini ditambah selama 2 tahun lagi.

Penyakit kaki gajah ini merupakan infeksi yang bersifat menahun, yang disebabkan oleh cacing Filaria dan ditularkan oleh nyamuk. Banyak penderita kaki gajah tidak menunjukkan gejala sama sekali tapi di dalam tubuhnya terdapat cacing Filaria.

“Penyakit ini tidak dapat diobati, untuk itu upaya yang dilakukan Dinas Kesehatan yakni melakukan tata kelola agar tidak memperburuk kondisi penderita,” jelasnya.

“Obat ini tidak boleh dikonsumsi bagi wanita hamil dan orang-orang yang mempunyai penyakit berat tanpa saran dari dokter,” tambahnya.

Pj Desa Cibening melakukan monitoring ke setiap pos pelayanan imunisasi filariasis yg berada di wilayah desa cibening dan mengharapkan, melalui gerakan pemberian obat massal penyakit filariasis ini dapat mencegah warga dari bahaya penyakit ini sehingga Desa Cibening bisa terbebas dari penyakit Filariasis hingga tahun-tahun mendatang"pungkasnya


Ade Suhada

KIM Kota Purwakarta

Tags :

Created by: Admin

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)