Wow! Selain Jadi Tempat Wisata Kekinian di Purwakarta, Situ Wanayasa Juga Terdapat Makam Keramat


Purwakarta
- Situ Kahuripan Wanayasa atau yang sering disebut Situ Wanayasa merupakan salah satu wisata alam outdoor yang berada di Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa Barat.

Di lokasi wisata ini terdapat makam yang dikeramatkan oleh warga. Makam tersebut letaknya tepat di tengah-tengah Situ.

Menurut Septian selaku pengelola Situ menuturkan, tempat yang dikelola oleh pihak Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) adalah tempat wisata alam/outdoor.

"Selain dijadikan sebagai tempat wisata, keberadaannya disini juga terdapat sebuah makam yang dikeramatkan, yakni makamnya kyai Gede, yang merupakan salah seorang sesepuh disini. Jadi ada sebagian orang yang kesini untuk berziarah," ujar dia pada saat ditemui oleh Reporter Media KIM Kabupaten Purwakarta, Kamis (3/3/2022).

Masih menurut Septian, di lokasi sekitar Situ Wanayasa Purwakarta terdapat warung-warung kuliner khas Purwakarta.
 

"Situ Wanayasa Purwakarta ini, kini dikelola oleh Kompepar, disisi situ ini telah tersedia berbagai macam warung-warung kecil milik warga sekitar. Tentunya makanan yang tersedia di disini disediakan berbagai menu ciri khas Purwakarta, yakni sate Maranggi," ucapnya.

Septian memaparkan, untuk memanjakan para pengunjung, kini dilokasi ini, kini telah dilengkapi dengan beberapa wahana seperti sepeda air, rakit, tikar atau alas duduk dan tempat parkir.

"Untuk harga tiket masuk itu kita kenakan ke pengunjung hanya Rp 5000,- saja," tutur Septian.

Kompepar berharap agar situasi pandemi dan virus Corona ini lekas berlalu untuk pemulihan perekonomian Indonesia.
 

Sementara itu, dijumpai di lokasi, Dede Rizki pengunjung asal Kabupaten karawang, mengusulkan untuk pengelola wisata ini harusnya dilengkapi beberapa fasilitas untuk pengunjung berswafoto.

"Kalau boleh saya usulkan disini ditambah dengan beberapa wahana untuk berswafoto atau selfinya," harap Dede Rizki menutup kata.

Media KIM Kabupaten Purwakarta
Reporter: Abun Bunyamin
Editor: Yusup Bachtiar