-->

Melalui BELKAGA Diharapkan Purwakarta Bebas Kaki Gajah

Kepala UPTD Puskesmas Cibatu saat sedang berpose bersama dengan Kabid P2P Dinkes Kabupaten Purwakarta
di acara Gempungan dalam rangka ceremoni program TMMD-106 Kodim Purwakarta,di Desa/Kecamatan Cibatu, Rabu (2/10/2019)
Purwakarta- Pencanangan program pencegahan penyakit Filariasis oleh Muspika Kecamatan Cibatu, di aula serbaguna Desa Cibatu, di gagas oleh UPTD Puskesmas Cibatu, Rabu (2/10/2019).

Menurut Gigin Sugiono, S. Kep, Kepala UPTD Puskesmas Cibatu, kegiatan ini dilakukan untuk mencegah mewabahnya penyakit Kaki Gajah (Filariasis).
kes
"Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilakukan, tujuannya untuk mencegah terjadinya penyakit Kaki Gajah atau Faliriasis dimasyarakat. Kebetulan ini merupakan kegiatan yang ke 5 kalinya, atau kata lainnya adalah tahun yang terakhir," ujarnya ketika ditemui oleh Jurnalis KIM Kab. Purwakarta, usai pencanangan program Bulan Eleminasi Kaki Gajah (BELKAGA) di acara Gempungan dalam rangka ceremoni program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106, Kodim 0619 Purwakarta.
 
Kepala UPTD Puskesmas Cibatu (kiri) saat bersama Kabid P2P Dinkes kabupaten Purwakarta.
Sementara itu menurut Kabid Pencegahan dan pengendalian penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Purwakarta, Jubadedi, S. Sos, menambahkan bahwa Kabupaten Purwakarta, merupakan endemik penyakit Filariasis.

"Pada saat ini di Kecamatan Sukatani, telah diketemukan sebanyak 11 orang warga terjangkit penyakit ini, namun kini ke sebelas warga tersebut sudah ditangani oleh Dinas Kesehatan," sebutnya ketika dikonfirmasi.

Camat Cibatu Rustaman Arifin menyebutkan, Pemerintahan Kecamatan Cibatu berharap untuk di Kecamatannya pada saat ini dan kedepannya bisa terbebas dari penyakit Kaki Gajah atau bahasa kerennya Filariasis.

"Jadi diharapkan pula agar masyarakat mau meminum obat ini, karena Pemerintah daerah Purwakarta melalui Ibu Bupati telah mencanangkan program ini. Tinggal kesadaran dari masyarakatnya agar terhindar dari penyakit tersebut," pungkasnya.

(Yusup Bachtiar)
KIM Kab. Purwakarta

Tags :

Created by: Admin

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)