Program Pelayanan Unggulan Purwakarta, Gempungan di Buruan Urang Lembur

Bupati Purwakarta Ambu Anne hadir dalam acara
'gempungan di buruan urang lembur' di Desa Keryamekar Kec. Cibatu
Purwakarta - Gempungan merupakan program pelayanan jemput bola dari seluruh dinas terkait kepada masyarakat. Kegiatan biasanya dipusatkan di lapangan desa atau kantor desa secara bergiliran dalam sepekan sekali.

Dalam kegiatan ini, berbagai macam pelayanan mulai Keluarga Berencana (KB), pembuatan dokumen kependudukan, pelayanan kesehatan, hingga pelayanan izin usaha, dilakukan di satu lokasi.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menuturkan, sampai saat ini program Gempungan masih terus berjalan. Program tersebut cukup efektif membantu keperluan masyarakat.

"Kegiatan ini sudah terjadwal. Setiap desa dapat giliran untuk dijadikan lokasi gempungan. Jadwalnya sepekan sekali, tiap hari Rabu," ujar Anne kepada wartawan, Rabu (10/09/2019).

Anne mengatakan, program ini merupakan salah satu bentuk ikhtiar Pemkab Purwakarta dalam memaksimalkan pelayanan publik. Tujuan lainnya untuk lebih mendekatkan pemerintah dengan masyarakat.

"Program ini polanya jemput bola. Masyarakat yang membutuhkan pelayanan pemerintah tak perlu datang ke kantor dinas terkait, tapi cukup datang ke lapangan desa. Semua pelayanan ada di situ," jelasnya.

Dia menambahkan, dalam program ini ada 11 organisasi perangkat daerah (OPD) yang terlibat, mulai bidang kesehatan, administrasi kependudukan, pendidikan, hingga perizinan.


(DK)

KIM Kab. Purwakarta