Lomba Tabuh Bedug Semarakan Malam Takbiran Di Desa Cibatu


Cibatu - Ratusan warga Desa Cibatu, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta, mengisi malam takbiran dengan menggelar tabuh bedug. Peserta lomba bedug diikuti oleh masing-masing perwakilan antar mushola dan karang taruna yang ada di Desa Cibatu.

Lomba ini sudah rutin terlaksana setiap tahunnya, lomba tabuh bedug dilaksanakan tepat di halaman Masjid Besar AL-IKHLAS Desa Cibatu , Jalan Raya Cibatu Km 15, Purwakarta.


Malam takbiran kali ini, dari masing-masing peserta dengan berupaya menampilkan kreasi, dan kelihaiannya memainkan bedug. Termasuk olah vokal bersenandung tajwid mengumandangkan takbir.


Para peserta begitu antusias mengikuti lomba menambuh bedug ini. Pasalnya, irama bedug yang bagus dan kompak, akan mendapatkan hadiah dari panitia.


Adanya lomba tabuh bedug ini, menjadi tontonan warga setempat, dan sejumlah warga yang melintas. Kegiatan lomba tabuh bedug ini, dilakukan warga secara rutin tiap tahunnya. Tahun ini lomba tabuh bedug ada perbedaan sangat meriah.
 


Lomba bedug ini secara langsung dibuka oleh Kepala Desa Cibatu Arif Budiman.

"Saya menyambut baik, karena ini cara paling baik dibandingkan yang lain. Lebih semarak, lebih akrab (silaturahmi) dan lebih aman," ujar Arif.

Ketua panitia pelaksana, Aja Suharja mengatakan "Lomba tabuh bedug ini merupakan cara warga menyambut Idul Adha 1440 H., sekaligus sebagai ajang silaturahmi antar warga" jelas Aja.


Lanjut Aja "Ini merupakan cara kami (warga) mengisi malam takbiran dengan kegitan positif dan cara yang paling baik menyambut hari kemenangan, Peserta yang berpartisipasi mulai dari anak-anak hingga orang dewasa " kata Aja kepada KIM Purwakarta.(11/08/19)

"Ia berharap lomba tabuh bedug ini tetap semarak setiap tahunnya. Sebab, sambung dia, warga akan terjalin silaturahmi yang baik antar elemen masyarakat." jelas Aja yang juga Sekdes Cibatu ini.


(DK)
KIM Kab Purwakarta