-->

Di HARGANAS 26 : IPeKB Dan Penyuluh KB Berharap Pelayanan KB Kontrasepsi Kembali Ke PUSTU


Purwakarta - Peringati Hari Keluarga Nasional Ke 26 tahun 2019, Tete Suhaendi, S. Sos, koordinator Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) Kabupaten Purwakarta, yang juga selaku
Ketua dari Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (IPeKB) Kabupaten Purwakarta, di Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) tahun ini berharap pelayanan KB Kontrasepsi di kembalikan lagi ke Puskesmas Pembantu (PUSTU) di masing-masing Desa.

Dia menyebutkan pelayanan KB Kontrasepsi pada saat ini terkendala oleh jauhnya jarak tempuh dari rumah penduduk ke Puskesmas di Kecamatan Bungursari. padahal menurut Tete, dahulu pelayanan KB dilakukan cukup di PUSTU saja.

" Saat ini, kami sedang mencari solusi agar pelayanan KB Kontrasepsi itu cukup di PUSTU saja, selanjutnya kami akan berkonsultasi dengan Kepala Puskesmas, terkait hal pelayanan KB/Kontrasepsi," ujarnya kepada KIM Bungursari, saat usai upacara di peringatan Hari Keluarga Nasional, ketika dikonfirmasi, Jumat (28/6/2019) di komplek perkantoran Kecamatan Bungursari.

Alasan pengalihan pelayanan KB Kontrasepsi di Puskesmas itu, lanjut Tete, "Berdasarkan standarisasi pelayanan, dari kenyamanan pelayanan serta tenaga medisnya kepada warga lebih terjamin sterilisasinya. Termasuk juga para tenaga ahli termasuk di dalamnya peralatan yang memadai, namun itu sangatlah memberatkan bagi warga, alasannya jarak tempuh yang jauh, belum juga berat di ongkos," sebut Tete. 


Diharapkan agar pelayanan KB Kontrasepsi ini dikembalikan ke masing-masing PUSTU, di Desa-desa telah tersedia Bidan Desa, pungkasnya. 


(Yusup Bachtiar - KIM Bungursari)

Tags :

Created by: Admin

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)