-->
  • Jelajahi

    Copyright © KIM Purwakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Kunjungan FK KIM Purwakarta Ke Perkebunan Sorgum Bumdes Pinunjul Desa Pasir Munjul

    Admin
    Minggu, Mei 19, 2019, 23.42 WIB Last Updated 2019-05-29T14:35:38Z

    Sukatani - Didampingi KIM Kecamatan Sukatani, FK KIM Purwakarta berkunjung ke perkebunan sorgum BUMDes Pinunjul Desa Pasir Munjul Kecamatan Sukatani Kabupaten Purwakarta pada hari Minggu 19 Mei 2019.

    Dalam hal kunjungan ini Ketua FK Kim Purwakarta Puji Sumaya mengatakan, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah lembaga yang paling tepat untuk mengelola lahan kosong yang tidak dimanfaatkan milik Jasamarga atau milik Perhutani. Jika diserahkan kepada perseorangan atau kelompok, rawan terjadi perebutan lahan yang potensial memicu konflik, dan juga rawan kerusakan lingkungan akibat pola pemanfaatan yang sulit dikontrol.

    BUMDes adalah lembaga usaha desa yang dikelola bersama oleh masyarakat dan pemerintah desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa. BUMDes dibentuk melalui musyawarah desa yang diikuti unsur aparat desa dan unsur masyarakat. Permodalan BUMDes dapat diambilkan dari dana desa bantuan pusat dan daerah.

    "Saya optimis jika BUMDes dan masyarakat penggarap mengelola dan mengusahakan sumberdaya hutan desa secara lestari produktif, akan bisa menggerakkan ekonomi desa, membuka banyak lapangan kerja dan usaha, masyarakat meningkat kesejahteraannya, dan kemiskinan di desa hutan akan jauh berkurang" ungkapnya


    Ketua FK KIM Purwakarta Puji Sumaya menambahkan, Ini patut dicontoh oleh BUMDes-BUMDes lainnya sebagai replikasi untuk pemanfaatan lahan kosong yang ada di desanya masing-masing.

    Berikut hasil wawancara Fitri KIM Kecamatan Sukatani ke pengelola perkebunan sorgum BUMDes Pinunjul.




    (Fitri)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini