-->

Pedoman Penyusunan dan Pendayagunaan Data Profile Desa


Babakancikao - Desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas-batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat berdasarkan asal usul dan adat istiadat setempat diakui dan dihormati dalam sistim pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Profil desa adalah gambaran menyeluruh tentang karakter desa meliputi data dasar keluarga, potensi sumber daya alam. Sumber daya manusia kelembagaan, prasarana dan sarana serta perkembangan kemajuan dan permasalahan yang di hadapi desa.




Rapat kordinasi mingon Kecamatan Babakancikao yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 27 Maret 2019 membahas khusus tentang tindak lanjut penyusunan Profile desa untuk tahun 2019. 


Rapat ini dipimpin langsung oleh Bapak Alfi Gumilar M.Si (Camat Babakancikao) dan di hadiri oleh Bapak H. Cucu Diana S.H (Sekcam), Bapak Bagus Setiawan (KasiTapem), Bapak Agus Saepuloh (Kasi PMD), Ibu Ika Siti Kartika SH (Kasi Kesos), Ibu Dra. Sulastri (Kasi Ekbang), Para Sekretaris Desa dan  Operator dari 9 desa serta Puji S mewakili Tpp Kecamatan Babakancikao.


Dalam sambutannya Camat Babakancikao mengatakan "Pentingnya data yang harus diinput diusahakan datanya yang sesuai dan harus berkordinasi dengan semua bagian yang ada di desa libatkan Posyandu, PKK, dan perangkat desa lainnya agar keakuratan data lebih valid".

Penyusunan profil desa ini di bentuk Kelompok Kerja (Pokja) dengan Penganggung Jawab Camat Ketua Pokja Sekretaris Kecamatan dan anggota terdiri dari para kasi serta pendamping desa. Untuk tingkat desa juga akan di bentuk Pokja dengan Penanggung Jawab Kepala desa Ketua Sekretaris anggota Kaur dan perangkat desa lainnya.


Agar berjalan dengan baik operator desa akan di bimtek oleh DPMD Kabupaten Purwakarta yang akan dilaksanakan untuk kecamatan Babakancikao pada tanggal 10 April 2019. Untuk Tahun 2019 Dana Desa salah satunya akan di gunakan untuk penyusunan Profile Desa serta untuk lebih mematangkan persiapan data data yang dibutuhkan dalam profile desa akan di jadwalkan rapat kordinasi lanjutan yang akan melibatkan semua komponen kelembagaan. Ujar Bapak Bagus Kasi Tapem Kec, Babakancikao.



(PS)

Tags :

Created by: Admin

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)