DANA DESA THN 2020 AKAN NAIK, MUSRENBANG DESA WANASARI, KECAMATAN WANAYASA


Wanayasa - Desa Wanasari Kecamatan Wanayasa menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa untuk pembangunan desa di tahun 2020. Pada pukul 13.00 WIB hari rabu tanggal 30 januari 2019 di Aula Desa Wanasari. Dihadiri oleh berbagai unsur masyarakat desa.
Dalam sambutannya, Asep Nawawi sebagai Pendamping Desa Pemberdayaan di Kecamatan Wanayasa mengapresiasi tingkat kehadiran peserta musyawarah yang cukup banyak dibanding desa-desa lainnya. Kemudian Asep Nawawi membeberkan tentang regulasi-regulasi, sebagai pijakan dasar proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan di desa.

"Desa, sebagai implementator tinggal mengikuti regulasi yang ada", terangnya.

Musrenbangdes hari ini adalah perencanaan pembangunan desa di tahun 2020. Meskipun Bapak Yahya, Kepala Desa saat ini akan segera berakhir masa jabatan pada bulan Agustus 2019, tetapi musyawarah ini tetap wajib dilaksanakan.

Asep Nawawi memberikan informasi bahwa Dana Desa dianggarkan dari APBN dengan jumlah yang terus meningkat setiap tahunnya. Untuk tahun ini Dana Desa berada di kisaran 900 juta per desa di Kabupaten Purwakarta. Sedangkan untuk tahun depan ada kemungkinan di kisaran 1,2 Milyar per desa.

Sedangkan untuk prioritas Dana Desa, Asep Nawawi menyampaikan bahwa Program Pemberdayaan sudah harus meningkat. Dalam rangka peningkatan SDM, yang mencakup bidang kesehatan, pendidikan dan ekonomi.




(ENJS)