Mengawal Demokrasi Desa, Peran KIM Menong Plered dalam Pilkades Serentak di Kabupaten Purwakarta

Pelantikan dan Pembinaan KPPS Pilkades 2023 di Desa Linggarsari

Purwakarta
- Pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Purwakarta bakal digelar 22 Oktober 2023 mendatang.

Di Kecamatan Plered terdapat tiga desa yaitu, Desa Sempur, Desa Linggarsari dan Desa Liunggunung, akan mengikuti pemilihan kepala desa.

Dari pantauan Kim Menong Plered di Desa Linggarsari, terdapat 7 orang yang dilantik untuk pelaksanaan pilkades sesuai Peraturan Bupati Purwakarta Nomor 79 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pemilihan Kepala Desa Serentak.

Dalam acara Pelantikan dan Pembinaan KPPS Pilkades 2023, Camat Kecamatan Plered, Asep Sendjaya, S.Ip yang diwakili oleh Ujang Saepudin (Kasi Tapem), menekankan panitia pilkades dapat berbuat adil.

"Kami berharap para panitia yang dilantik ini dapat berbuat adil dan tidak memihak kepada salah satu calon yang nantinya mengikuti kontestasi pilkades agar situasi dan kondisi bisa aman dan tentram," kata Ujang, pada  Minggu (1/10/23).

Sementara itu, Ketua Panitia Pilkades, Pepen Kusnadi, panitia terpilih dalam musyawarah desa yang digelar sebelumnya berharap semua pihak terkait dapat membantu dalam kelancaran semua ini.

"Semoga pelaksanaan pilkades dapat berjalan dengan damai lancar dan menghasilkan pemimpin yang baik," ungkap Pepen.

Ditempat yang sama, Plt Kepala Desa Linggarsari, Kecamatan Plered, Anto Afriansyah, mengajak 
semua pihak yang berkepentingan untuk mendukung pelaksanaan pilkades serentak ini.

"Semoga pelaksanaan pilkades serentak tahun 2023 di Desa Linggarsari ini berjalan dengan baik dan lancar, umumnya di kabupaten Purwakarta," imbuhnya.

Terpisah, menanggapi adanya pilkades serentak di wilayahnya, Ketua Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kecamatan Plered atau yang dikenal KIM Menong Plered, Deden Alhudaini, mengungkapkan KIM bakal ikut mengawasi perjalanan tahapan pemilihan pilkades.

"Saya berharap KIM Kecamatan Plered ikut mengawal tahapan pilkades di 3 desa di Kecamatan Plered (Liunggunung, Linggarsari dan Sempur)," ungkap Deden, yang juga menjabat Ketu FK KIM Kabupaten Purwakarta. 

Menurutnya, terdapat 13 Desa di Kabupaten Purwakarta tahun 2023 akan diselenggarakan pilkades secara serentak. 

"Saya berharap anggota KIM Menong Plered ikut pertisipasi menghadiri Pelantikan dan Pembinaan KPPS Pilkades 2023, dan memberikan informasi pada acara Pelantikan dari 3 Desa di Kecamatan Plered, salah satunya Desa Linggarsari dan memberikan informasi positif bagi warga masyarakat khususnya Desa Linggarsari," pungkas Deden.

Diketahui, hadir dalam acara tersebut, Ketua Bamusdes (Asep), Babinsa (Imanudin), Babinkamtibmas (Sigit Gita Purnama), Panwas Désa Pilkades (Enjang Lukman), Kim Menong Plered.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Kontributor: Yayat (KIM Kecamatan Plered/KIM Menong Plered)
Editor: Abdar