Polsek Pasawahan Giat Patroli Dialogis ke Masyarakat, Wujudkan Polri yang Presisi


Purwakarta
- Polres Purwakarta terus mengambil inisiatif dalam meningkatkan kinerja dan mengubah paradigma Polri menuju Polri yang Presisi. 

Salah satu caranya adalah dengan aktif melakukan patroli dialogis agar Polri hadir di tengah-tengah masyarakat. Baru-baru ini, personel dan bhabinkamtibmas di Polsek Pasawahan melaksanakan patroli dialogis saat melakukan patroli rutin.

Menurut Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kapolsek Pasawahan, AKP Ali Murtadho, patroli dialogis dilakukan untuk menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada masyarakat serta menjalin hubungan tali silaturahmi dan komunikasi yang baik. 

"Patroli dialogis tersebut dilakukan sebagai kegiatan rutin untuk mengajak masyarakat bersama-sama menjaga kamtibmas di lingkungan masing-masing," kata Ali, Selasa (9/5/23).

Selain menyampaikan pesan kamtibmas, jelas Ali, patroli dialogis juga dilakukan untuk memantau warga dan memberikan himbauan kamtibmas kepada masyarakat agar tercipta situasi kamtibmas yang aman dan nyaman. 

"Hal ini bertujuan untuk mencegah kejahatan konvensional, seperti aksi pencurian dengan pemberatan, pencurian dengan kekerasan, pencurian kendaraan bermotor, aksi premanisme dan genk motor," ucapnya.

AKP Ali Murtadho menegaskan bahwa pihaknya selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di wilayah hukum Polsek Pasawahan. 

"Kegiatan patroli jam rawan tersebut dilakukan sebagai jawaban strategis Harkamtibmas sekaligus jaminan keamanan agar masyarakat bisa tidur nyenyak dengan mengutamakan tindakan preemtif dan preventif," imbuhnya.

Ali menambahkan, masyarakat juga diingatkan untuk menghubungi polisi terdekat atau bhabinkamtibmas jika menemui hal-hal yang mencurigakan. 

Selain itu, lanjut dia, masyarakat diingatkan untuk tidak melakukan kegiatan yang mengganggu kenyamanan masyarakat lainnya dan melaporkan apabila mengetahui adanya peredaran miras dan narkoba ataupun aksi yang mengganggu kamtibmas. 

"Dengan patroli dialogis yang dilakukan secara rutin, diharapkan masyarakat semakin sadar dan berperan aktif dalam menjaga kamtibmas di lingkungan sekitar," pungkasnya.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Editor: Abdar