Peduli Bencana Longsor di Kecamatan Tegalwaru, RAPI Purwakarta Terjun Langsung ke Lokasi


Purwakarta
- Komunitas Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Lokal 3 Kabupaten Purwakarta mengikuti tanggap bencana tanah longsor 
 di dua desa, pada Sabtu (5/1/24).

Adapun dua tersebut yaitu Desa Sukamulya dan Desa Cisarua Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa Barat.

Agus selaku ketua RAPI Lokal 3 Purwakarta, mengungkapkan bahwa pihaqk menerjukan beberapa personel anggotanya untuk membantu dalam hal komunikasi.

"Ini adalah hari ke-3 setelah terjadinya longsor. Kami menerjunkan kurang lebih 10 personil anggota RAPI Lokal 3 untuk jaga-jaga dilokasi tersebut juga membantu dalam hal komunikasi melalui sambungan radio," ujar Agus saat dikonfirmasi oleh Reporter Media KIM Kabupaten Purwakarta, pada Sabtu (5/1/24).

"Kami berharap dengan antusias tanggap bencana RAPI Lokal 3 kedepan terus membangun kerjasama yang baik semoga lebih solid lebih kompak," tambah 
Agus.

Guna mengetahui kebutuhan warga yang terdampak, Herlina selaku pengurus RAPI Lokal 5 mengunjungi langsung kepada warga yang terdampak longsor.

"Saya mendengar bahwa warga saat ini membutuhkan bantuan seperti tempat tidur, pakaian pengganti, popok bayi dan lain lain," ungkap Herlina.

Sementara itu, Kepala pelaksana BPBD Kabupaten Purwakarta Heryadi Erlan menanggapi atas bencana longsor di Kecamatan Tegalwaru. Menurut dia, pihaknya tidak bisa memprediksi tetapi Bupati Purwakarta sudah menindaklanjuti kesiapsiagaan menghadapi musim penghujan.
 

"Bagi warga yang terdampak longsor, sementara kami ungsikan di SDN 2 Sukamulya. Alhamdulillah bantuan logistik pun dari berbagai instansi seperti Dinas sosial, termasuk kami dari BPBD, relawan juga dermawan. Tidak lupa kami ucapkan terimakasih kepada BPBD Jawabarat yang sudah mensupport kegiatan kebencanaan ini," ucapnya.

"Kami berharap bagi warga kecamatan Tegalwaru umumnya kabupaten Purwakarta agar tetap waspada dan berdoa mudah-mudahan dijauhkan dari bencana," sambungnya.

Sementara itu, Anjar Jack selaku ketua satgas RAPI Wilayah 08 Kabupaten Purwakarta mengatakan kami dari satgas lokal beserta RAPI Lokal 1,2,3,4 & 5 mengunjungi lokasi terjadinya longsor juga membantu dalam hal komunikasi melalui sambungan radio


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Editor: Abdar
Reporter: Abun B.