Isra Mi'raj 1444 H Sekaligus Harlah 1 Abad NU Kecamatan Pasawahan


Purwakarta
- Panitia penyelenggara Nahdatul Ulama Kecamatan Pasawahan Kabupaten Purwakarta menggelar acara peringatan Isra Mi'raj 1444 H, Sabtu (4/3/2023) malam.

Kegiatan tersebut berlangsung di halaman kantor Kecamatan Pasawahan dengan tema “Merawat Jagat Membangun Peradaban”.

Adapun susunan acara yang pertama pembacaan berjanji, pembacaan hadiah, pembukaan laporan ketua panitia, sambutan sambutan, santunan anak yatim-piatu, pembagian kejuaraan pentas Harlah 1 Abad, pembacaan Al-Qur'an, Tausiyah dan doa penutup.

Peringatan Isra Mi'raj ini juga sekaligus santunan anak yatim piatu sebanyak 60 anak yatim dari 12 Desa Se-Kecamatan Pasawahan.

"Kegiatan Isra Mi'raj sekaligus menyambut Hari Lahir Nahdlatul Ulama (Harlah NU) yang ke-100 Tahun atau 1 Abad untuk Indonesia dan Dunia," ungkap 
Cecep Rudi Hartono S.Pd selaku ketua panitia ketika ditemui KIM Kabupaten Purwakarta.

Ia mengatakan, acara tersebut berlangsung dari pagi hingga malam yang diisi dengan berbagai kegiatan yang melibatkan ratusan anak-anak dan dewasa.

"Kegiatan di pagi lomba hari dengan mewarnai tingkat SD yang diikuti 300 peserta, lomba kaligrafi tingkat SMP sebanyak 20 peserta, lomba MTQ tingkat dewasa sebanyak 20 peserta dan terakhir lomba Hadroh tingkat dewasa sebanyak 12 peserta," kata Cecep.

"Pada malam harinya puncak kegiatan yaitu tabligh Akbar yang akan dilaksanakan setelah isya, untuk itu mohon doanya kepada semuanya semoga kegiatan ini lancar dan sukses," samabung Cecep.
 
Dengan suksenya acara tersebut, Cecep berterimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendorong Harlah NU 1 Abad ini.

"Semoga para donatur dan dermawan yang sudah menyumbangkan tenaga dan materi mudah-mudahan Allah menggantinya yang berlipat ganda," ucapnya,

Ditempat yang sama, Mahudin selaku Ketua Tanfidiyah Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Pasawahan, dengan ada acaranya semoga NU kedepan lebih maju dan berkembang lagi.

"Mudah-mudahan NU kedepan lebih berkembang lagi kemudian tetap melaksanakan syariat yang sudah digariskan dan ditetapkan oleh ahli ahli Sunnah Waljamaah," harapnya.

Sementara itu, Ahmad Solihin selaku Rois suryah MWC NU Pasawahan, berharap dengan acara tersebut, generasi penerus ini 
bisa melanjutkan apa yang dicita-citakan dari NU.

"Mudah-mudahan kita bisa melanjutkan apa yang dicita-citakan dari NU agar supaya mempertahankan ahli Sunnah Waljamaah," ucapnya.

Dalam agenda peringatan Isra Mi'raj ini selain, sholawat bersama dan 
doa bersama juga menghadirkan penceramah kondang yaitu Habib Abdullah Bin Muhsin BSA sekaligus wakil ketua Rijalul Ansor Jawa Barat.

Adapun poin dalam isi ceramahnya yaitu perintah Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW di saat itu untuk menjalankan shalat 50 waktu, tidak seperti pada saat ini, dimana umat muslim kini menjalankan shalat itu hanya 5 waktu. 

Selain itu ini penting lainya dalam ceramh itu, yaitu hikmah Isra Mi'raj ini dapat memperkuat keyakinan dan keimanan aqidah kita kepada Allah SWT.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Reporter: Abun Bunyamin