Melalui Program Jumsih Desa Dangdeur Purwakarta Jaga Kebersihan

Program Jumsih Desa Dangdeur Purwakarta

Purwakarta
- Menjaga lingkungan sekitar merupakan bagian dari tugas bersama dengan demikian diharapkan hidup sehat dan tentunya lingkungan pun menjadi nyaman.

Yang dapat dilakukan oleh kita cukup sederhana, misalnya dengan membuang sampah pada tempatnya, membersihkan sampah yang berserakan dan menata ruangan juga membersihkan saluran pembuangan air (drainase).

Usman Firmansyah selaku ketua RW 001 di Desa Dangdeur, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat menuturkan bahwa pemerintah desa memiliki program Jumat Bersih (JUMSIH), dimana program tersebut merupakan salah satu program yang telah diagendakan oleh pemerintah desa.

"Program Jumsih ini merupakan salah satu program rutin. Setiap Minggu di hari Jumat warga bergotong royong membersihkan lingkungan," kata Usman, k
etika ditemui oleh Media KIM Kabupaten Purwakarta, pada hari Jumat, (13/1/2023).

Dia menambahkan, pelaksanaan Jumsih tersebut di laksanakan dengan mengelilingi perkampungan hingga ke area persawahan.

"Kebetulan pada saat ini, kami bersama perangkat desa dan warga sedang membersihkan saluran air menuju ke area persawahan di kampung Cilendi RT 005 RW 002," katanya.

Dikatakan Usman, yang terlibat dalam kerja bakti pada Jumsih ini terdiri dari RT, RW dan tokoh masyarakat.

Sementara itu menurut Sekretaris desa (Sekdes) Dangdeur Wahyudin menyebutkan dalam situasi seperti ini di sekitar Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta masih di guyur hujan.

"Untuk itu perlu dilakukan pembersihan Solokan agar saluran pembuangan air atau drainase menjadi lancar sehingga tidak terjadi penyumbatan," kata Wahyudin.

Melalui kesempatan ini tambah Wahyudin, diharapkan dapat di contoh oleh masyarakat lainnya.

"Mari kita bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan sekitar untuk terhindar dari hal-hal yang tak diharapkan," katanya. 


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Editor: Abdar
Reporter: Yusup Bahtiar