Polres Purwakarta Perketat Keamanan Pasca Aksi Ledakan Diduga Bom Bunuh Diri di Mapolsek Astanaanyar


Purwakarta
- Kepolisian Resor (Polres) Purwakarta memperketat pengamanan. Peningkatan pengamanan dilakukan pasca aksi ledakan diduga bom bunuh diri di Mapolsek Astanaanyar, Polrestabes Bandung, pada Rabu, 7 Desember 2022, pagi.

Petugas polisi bersenjata lengkap dengan rompi anti peluru dan helm memeriksa semua tamu, baik yang berjalan kaki maupun menggunakan kendaraan dan kendaraan serta barang barang di gerbang masuk Markas Polisi yang terletak di Jalan Veteran, Kelurahan Ciseureuh, Kabupaten Purwakarta tersebut.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain mengatakan pihaknya akan meningkatkan kewaspadaan terutama di dalam markas. Selain di Markas Polres, pengamanan juga ditingkatkan di Polsek jajaran.

"Menyesuaikan pasca kejadian di Mapolsek Astanaanyar, kami lakukan penebalan personil yang jaga serta lebih memperketat penjagaan terutama orang yang masuk Mapolres Purwakarta," ucap Pria yang akrab disapa Edwar itu, pada Rabu, 7 Desember 2022.

Tak hanya itu, sambung dia, petugas juga memeriksa kendaraan bermotor yang masuk Polres Purwakarta, seperti Barang bawaan, tas dan kendaraan roda empat, pemeriksaan dilakukan secara teliti hingga ke bagian dalam.

"Selain memeriksa kartu identitas, pemeriksaan juga dilakukan terhadap barang dan tas yang dibawa para tamu yang masuk ke Mapolres Purwakarta. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi aksi teror, serta meningkatkan kewaspadaan di Mapolres Purwakarta. Untuk Jalan masuk dan keluar di Polres Purwakarta yang digunakan hanya satu pintu," jelas Edwar.

Kapolres juga menyampaikan beberapa penekanan kepada Personel Piket jaga Mako untuk penjagaan Mako diharapkan selalu waspada.

"Perseonel kami akan melakukan pemeriksaan di pintu masuk untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Khususnya terhadap hal-hal yang mencurigakan. Ini upaya preventif. Kita antisipasi kejadian di Mapolsek Astanaanyar. Kita tingkatkan pengamanan dengan menggunakan anggota bersenjata dan body check di pintu masuk," tuturnya.

Diktahui, Selain di Mapolres, perketat penjagaan juga dilakukan jajaran Polres Purwakarta di semua Polsek di wilayah Polres Purwakarta. Tak hanya itu, rumah dinas dan asrama jajaran kepolisian juga diperketat penjagaannya. Meski demikian pihak Polres Purwakarta belum melakukan penyekatan jalan di perbatasan.

"Peningkatan dilakukan dengan tidak mengurangi terhadap pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat di kantor-kantor polisi yang ada di Polres Purwakarta," pungkas AKBP Edwar Zulkarnain.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Editor: Abdar
Sumber: Humas Polres Purwakarta