Sebagai Mitra Pemerintah, Ketua FK KIM Jabar: Kami Dilahirkan Harusnya Diberdayakan

Pengukuhkan pengurus Forum Komunikasi Jawa Barat (FK KIM Jabar)

Purwakarta - Kepala Diskominfo Jawa Barat, Ika Mardiah, resmi mengukuhkan pengurus Forum Komunikasi Jawa Barat (FK KIM Jabar) di Jl. Cihampelas No 23-25 Hotel Novotel Kota Bandung, Sabtu (8/10/22).

Menurut Kadis Kominfo Jabar, pengurus FK KIM Jabar ini merupakan perwakilan pengurus dari 27 kota/kabupaten di Jawa Barat dengan periode 2021-2026.

"Dengan ini saya kukuhkan FK KIM Jabar sebagai mitra dari Diskominfo. Mari kita berkolaborasi bersama-bersama," ucap dia saat pengukuhan.

Sementara itu, menurut Ketua Umum FK-KIM Jabar Deni Sonjaya dengan di kukuhkan nya FK-KIM Jabar hari ini, perlu adanya kemitraan.

Jadi artinya, kata Deni, kelompok informasi masyarakat merupakan sebagai mitra pemerintah, memang pada dasarnya merujuk ke Permen Kominfo No. 8 Tahun 2019.

“Bahwa kelompok informasi masyarakat itu konotasinya ada di Kelurahan atau Desa," ucapnya.

Masih kata Deni,, jadi dulu paradigma komunikasi untuk masyarakat itu komunikasi untuk masyarakat dua arah.

"Artinya KIM itu ada dua arah, kami kira KIM hadir untuk menjadi katalis, karena kami lahir dulu sejarahnya dari kelompok pencapir. Mungkin pemerintah sejauh ini belum aware, bagaimanapun juga derasnya literasi digital, digitalisasi tapi SDMnya perlu di bangun,” kata Deni.

Dia berharap dengan dilahirkannya KIM, pemerintah harus ikut andil untuk memberdayakan anggota KIM.

"Kami dilahirkan harusnya diberdayakan, terlebih kita sebagai mitra, bukan dibiarkan bahkan terabaikan," harapnya.


Media Kabupaten Purwakarta
Reporter: Abdar