Jaga Transparansi dan Demokrasi, Ketua RW di Sukamukti Dipilih Langsung oleh Warga


Purwakarta
- Pemilihan Ketua Rukun Warga (RW) 05 di Desa Sukamukti, Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta berlangsung layaknya pemilihan umum legislatif dan pemilihan umum presiden.

Pesta demokrasi tingkat RW tersebut berlangsung di Kampung Nyalindung untuk menentukan pemilihan Ketua RW 05 Desa Sukamukti, pada Minggu (9/10/2022).

Adapun RW tersebut memiliki empat kampung dan RT, yakni RT 13 Kampung Nyalindung, RT14 Kelun, RT 15 Gelemung dan RT19 Kampung Kaungjajar,

Ketua panitia penyelenggara pemilihan calon ketua RW, Dusun Taryana mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan, membangun dan melestarikan kerukunan antar warga, khususnya di RW 05.

"Dengan pemilihan RW ini tentunya dilandasi dengan ketaatan pada aturan yang berlaku dan rasa kebersamaan diantara warga," katanya.

Tentunya semua ini untuk menjaga transparansi dan demokrasi, ia menambahkan, yang mempunyai hak pilih sekitar 284 pemilih.

“Itu semua yang jelas warga penduduk RW 05, termasuk pemuda dan pemilih pemula, yaitu usia 17 tahun ke atas atau sudah memiliki KTP," jelasnya.

Ia membeberkan, beberapa kandidat atau peserta calon ketua RW 05 yang akan diusung dari warga yang sudah menetap lama, yaitu Suryana dengan nomor urut satu (No.1), Ajuh dengan nomor urut dua (No.2) dan Iim Ibrahim dengan nomor urut tiga (No.3).

“Peserta pemilih dan yang dipilih telah mengikuti tata tertib yang sudah dijelaskan dari awal." ungkapnya.

Pada pemilihan ketua RW 05 turut dihadiri Kepala Desa Sukamukti Abduloh dengan di dampingi Tokoh Masyarakat.

"Siapapun yang terpilih Ini merupakan pilih warga, tentunya semua ini untuk memajukan kegaitan di lingkungan RW 05," pesan Kades Sukamukti.

Singkatnya, akhirnya proses pemilihan calon ketua RW 05, Ajuh nomor urut 2, terpilih sebagai ketua RW 05 dengan perolehan 80 suara.

Sementara itu, menginggung soal situasi pemilihan, Budiman selaku staf desa mengatakan pesta demokarasi di Tingkat RW ini berjalan sukses dan lancar.

"Alhamdulilah berjalan sukses tanpa ekses. Semoga menjadi pendewasaan dalam berdemokrasi, dan yang terlilih agar bisa bersinergis dengan Vvsi dan misi yang telah di programkan oleh Kepala Desa untuk kemajuan desa," ungkapnya.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Reporter: Deni (KIM Kecamatan Maniis)
Editor: Abdar