Kesiapsiagaan Bencana, Karangmukti Kecamatan Bungursari Bentuk TITISAN-DESTANA


Purwakarta
- Desa Karangmukti Kecamatan Bungursari Purwakarta bentuk tim tangguh bencana. Dibentuknya tim ini untuk mendorong kemandirian desa dalam kesiapsiagaan menanggulangi kebencanaan dan mitigasi.

Menurut keterangan M. Reza Ramdani Sanjaya selaku Patriot Desa Karangmukti, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta di Provinsi Jabar mengungkapkan bahwa tim tersebut merupakan salah satu tim yang akan menangani kesiapsiagaan dalam kebencanaan.

"Tanggap Inisiasi Rintisan Desa Tangguh Bencana (TITISAN- DESTANA) ini di desa ini sudah terbentuk pada Jum'at tanggal (2/9/2022) yang lalu," ujarnya ketika ditemui oleh Reporter Media KIM Kabupaten Purwakarta, Kamis (15/9/2022).

Masih menurut Reza, TITISAN - DESTANA ini dibentuk dengan tujuan untuk mempersiapkan Desa Karangmukti sebagai Desa Tangguh Bencana.

"Tim ini terbagi atas dua tugas utama. Yang pertama melakukan pemetaan potensi dan resiko bahaya bencana di desa. Lalu dapat diminimalisir segala bentuk bencana. Kedua, melakukan upaya persiapan Desa Karangmukti sebagai desa yang tangguh terhadap kebencanaan," tutur dirinya kepada Media KIM Kabupaten Purwakarta.

Lanjut Reza, pembentukan TITISAN-DESTANA tersebut dihadiri perwakilan masyarakat, apartur desa, dan perwakilan Bamusdes, serta tenaga pendamping yaitu Patriot Desa Karangmukti.

"Pembentukan TITISAN–DESTA semata-mata untuk menyiapkan semua yang berperanan, kami sebagai tenaga pendamping untuk mendorong tim TITISAN - DESTANA berjalan dengan apa yang diharapkan. Sehingga nantinya yang dibentuk betul-betul siap bekerja karena tim TITISAN ini menyiapkan semua hal dasarnya," ucapnya.

Sementara itu Usep Suparman tim data dan dokumentasi TITISAN-DESTANA Desa Karangmukti juga menuturkan, dirinya merasa bangga dapat bergabung di tim ini. Ia berharap dapat membantu masyarakat dalam upaya mengurangi resiko bencana.

“Mudah-mudahan dengan adanya tim TITISAN-DESTANA ini dan saya sebagai salah satu anggotanya, dapat membantu masyarakat yang membutuhkan," papar dia.

Dalam satu bulan kedepan, tim ini akan bekerja melaksanakan proses pemetaan wilayah. Pemetaan ini menjadi penting guna mengetahui titik-titik rawan bencana sehingga upaya prefentif dapat dilakukan oleh Pemerintah Desa Karangmukti.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Reporter: Yusup Bachtiar
Editor: Abdar