4 Desa Di Kecamatan Bungursari Ikuti Peningkatan Kapasitas BPD

Peningkatan kapasitas Badan permusyawartan desa (BPD)

Purwakarta
- Peningkatan kapasitas Badan permusyawartan desa (BPD)/Bamusdes dipandang perlu untuk dilakukan. Hal itu demi mendukung kegiatan tugas dan fungsi serta tanggung jawab Bamusdes (BPD) selama masa tugas.

Ketua BPD Karangmukti,di Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta Provinsi Jabar Iyan Hidayat, S.Pd.I menyebutkan bahwa, hubungan baik antara BPD dan Kepala Desa selama ini terjalin dengan baik. Namun untuk menjalankan tugas itu perlu dilakukan peningkatan kualitas sumber daya manusianya.

"Sinergitas antara kami dan Kades di sini terjalin dengan baik, tadi itu kami diberikan pengarahan tugas dan fungsi serta tanggung jawab selaku BPD," ujar Iyan ketika ditemui, usai kegiatan peningkatan kapasitas Badan permusyawartan desa (BPD) Kamis (15/9/2022) di aula Desa Karangmukti, Kecamatan, Bungursari, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa barat.

Ditemui terpisah, Darsono Gumilang Ketua BPD Cikopo berharap agar kegiatan peningkatan kapasitas semacam itu dapat ditingkatkan lagi.

"Materi yang disampaikan oleh narasumber dari Dinas pemberdayaan masyarakat dan desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta tadi cukup jelas bahwa dalam menjalankan tugasnya kami (BPD) harus selaras seiring sejalan dengan pemerintahan desa terutama kepada Kades," ucap ketua BPD Cikopo Darsono.

Pada pelaksanaan kegiatan tersebut dari pagi hingga siang, di Desa Karangmukti telah dilaksanakan peningkatan kapasitas BPD untuk Desa Cibodas dan Karangmukti, sementara bertempat di aula Desa Cikopo juga telah dilaksanakan kegiatan serupa untuk Desa Cinangka dan Desa Cikopo. 

Hadir sebagai pembicara diantaranya adalah Camat Bungursari Wawan Darmawan dan perwakilan dari DPMD Kabupaten Purwakarta.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Reporter: Yusup Bachtiar