Gubyag Situ Jaya Laksana Meriahkan HUT RI Ke-77 Karangmukti Sajati


Purwakarta
- Gubyag atau ngagubyag balong (menangkap ikan di situ) merupakan salah satu tradisi yang masih melekat dalam budaya Sunda di Kabupaten Purwakarta.

Dalam acara gubyag balong, warga beramai-ramai turun ke sungai ataupun situ untuk menangkap ikan dengan menggunakan cara tradisional.

"Warga menangkap ikan menggunakan alat sederhana seperti tangan kosong, kemudian menggunakan jala, sirip, anco dan sebagainya," jelas Kades Karangmukti, H Endin Jaenudin,. SM.

Seperti yang telah diungkapkan oleh Kades Karangmukti beberapa waktu lalu melalui Media KIM Kabupaten Purwakarta, situ Jaya laksanakan ini merupakan salah satu tempat destinasi wisata yang akan di kembangkan oleh pemerintah desa untuk tempat wisata alternatif yang murah meriah.

"Ngagubyag Balong ini merupakan rangkaian peringatan HUT RI Ke-77 tahun 2022, panitia pelaksana melepas ikan sebanyak 5 kwintal untuk ditangkap kemudian dijadikan konsumsi. Selain itu panitia HUT RI tingkat Desa juga menyiapkan beberapa hadiah dan door prize kepada warga yang beruntung," papar H Beton sapaan akrabnya Kades Endin.

Kedepannya konsep yang sedang dipersiapkan oleh pemerintah desa yakni, mulai menata tempat itu dan akan di tambahkan tempat jajanan (kulinernya) dan dikembangkan menjadi wisata alam yang baru.

Hal serupa juga disampaikan oleh Iyan Hidayat Bamusdes Karangmukti, dia berharap kepada semua warga terhibur dengan gubyag ini.

"Semoga saja harapannya Indonesia pulih dari Pandemi ini, seperti halnya pada saat ini kita sedang merayakan HUT RI Ke-77," ungkap Ketua Bamusdes (BPD) Karangmukti.

Sementara itu dijumpai dalam acara, Camat Bungursari, Wawan Darmawan mengatakan bahwa ini merupakan salah satu hiburan warga dimana mereka dapat berbaur satu sama lainnya.
 

"Nampaknya warga di Desa pada saat ini bergembira setelah kurang lebih dua (2) tahun lamanya tidak diperbolehkan untuk melakukan kegiatan yang bersifat kerumunan dikarenakan masa pandemi Corona. Tadi pagi kebetulan kedatangan Kang Dedi Mulyadi SH wakil ketua komisi IV DPR-RI, dia melepaskan ikan di situ Jaya laksanakan ini sebanyak 5 kwintal untuk di tangkap warga, dengan kegiatan ini, Mudah-mudahan saja seluruh warga yang turun ke situ ataupun hanya sekedar menonton menjadi terhibur," harap Camat menutup.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Reporter: Yusup Bachtiar
Editor