Pelepasan Peserta Didik PKL, Ini Pesan Kepsek SMKN 3 Sukatani

Foto bersama pelepasan para siswa/siswi Praktek Kerja Lapangan (PKL) tahun 2022-2023

Purwakarta
- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Sukatani, melaksanakan acara pelepasan siswa-siswi Kelas XII Semester Ganjil yang berlangsung di Lapangan ucapara sekolah, pada hari Senin tanggal 27 Desember 2022.

Sebelum pelepasan, para siswa/siswi Praktek Kerja Lapangan (PKL) tahun 2022-2023 mendapatkan pembekalan dari Panitia Pelaksana. Nantinya, PKL siswa akan dilaksanakan mulai 1 Juli 2022 - 30 September 2022 adan ditempatkan diberbagai dunia usaha dan dunia industri.

Pelepasan terdiri dari semua program keahlian yang terdiri dari Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Teknik bisnis Sepeda Motor (TBSM), Dan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP).

Kepala Sekolah H. Hairudin, S.Pd, M.MPd berpesan, para siswa/siswi 
agar bisa membawa dan menjaga nama baik sekolah di lingkungan dan ditempat PKL nya.

"PKL itu sebenarnya masih belajar, tetapi yang sebelumnya di sekolah dan ketika PKL maka belajarnya di dunia usaha dan dunia industri," ucap Kepesek SMKN 3 Sukatani.

Oleh sebab itu, lanjut Hairudin, siswa/siswi harus tetap mengikuti aturan dan integritas di tempat kerja. Terlebih, pelaksanaan PKL tahun ini dalam masa pasca pandemi Covid 19.

"Saya mengintkan, agar siswa agar selalu senantiasa waspada dan mengikuti anjuran pemerintah mengenai pelaksanaan protokol kesahatan dan aturan di tempat PKL," ungkap Hairudin.

Pelepasan siswa/siswi PKL ditandai dengan penyerahan secara simbolis dan penyerahan buku jurnal kegiatan PKL dan seragam PKL oleh Kepala Sekolah kepada beberapa siswa perwakilan dari setiap program keahlian dengan disaksikan oleh Waka Kesiswaan, Waka kurikulum, dan Waka Sarpras beserta Jajaran Panitia, semua Kaprog dan siswa/siswi kelas XII yang akan melaksanakan PKL..
 
Pembekalan para siswa/siswi Praktek Kerja Lapangan (PKL) tahun 2022-2023

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Hubungan Industri dan Masyarakat (Waka Hubinmas), Eko Reza Pahlevi, M.Hum menuturkan, untuk tahun ini, SMK Negeri 3 Sukatani memiliki Institusi Pasangan DUDIKA sebanyak 51 yang telah siap menampung untuk 129 peserta didik.

"Panitia berharap, agar peserta didik SMK tidak hanya mendapatkan pengalaman kerja (PKL), tetapi juga ketika nanti ananda tamat, mampu bekerja dan diterima bekerja baik di perusahaan tempat ananda PKL, maupun di perusahaan lainnya," ungkap Eko yang juga selaku Penanggung Jawab Praktek Kerja Lapangan (PKL) itu.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Reporter: Deden
Editor: Abdar

Ikuti berita-berita KIM ter-update lainnya di Google News