Hebat! Wakili Kabupaten Purwakarta, Desa Karangmukti Jadi Percontohan BPK RI


Purwakarta
- Desa Karangmukti, Kecamatan Bungursari, mewakili Kabupaten Purwakarta di Provinsi Jabar, dijadikan piloting pengawasan kobulatif oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) dalam penerapan anggaran, aset dan pembangunan Desa, berkaitan dengan status kemandirian Desa.

Pemerintah pusat, menjadikan desa tersebut sebagai percontohan desa terbaik dalam penerapan anggaran, aset dan pembangunan. 

Pada saat ini Desa Karangmukti merupakan termasuk Desa Maju yang akan menuju ke Desa Mandiri.

Perwakilan BPK RI, Andrian Puspawijaya menuturkan, pemerintah membuat beberapa langkah dan strategi untuk meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi yang positif dan berkelanjutan. Salah satunya adalah program pembangunan desa.

"Artinya desa ini harus berupaya mensejahterakan rakyatnya, khususnya di kawasan perdesaan, sehingga u
ntuk pelaksanaan program tersebut diperlukan ketersediaan data dasar yang dipetakan dalam Indeks Desa Membangun (IDM)," ujar Andrian ketika ditemui oleh Reporter Media KIM Kabupaten Purwakarta pada saat di aula Desa Karangmukti, Kamis (16/6/2022), di dampingi oleh pengendali teknis perwakilan dari BPK Provinsi Jabar, Hendra Trisula

Sementara itu menurut Kades Karangmukti, H. Endin Jaenudin,. SM, dirinya berharap agar desanya berubah statusnya menjadi Desa Mandiri.

"Mudah-mudahan saja harapannya status desa kami kelak menjadi Desa mandiri," ucap Endin pada saat itu.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Reporter: Yusup Bachtiar
Editor: Abdar

Ikuti berita-berita KIM ter-update lainnya di Google News