Bupati Purwakarta Tinjau Pelaksanaan Infrastruktur di Sukasari, Bangkitkan UMKM dan Wisata


Purwakarta
- Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika didampingi Dinas Pendidikan dan para Kepala OPD berkunjung ke wilayah Kecamatan Sukasari, Jum'at (10/6/2022).

Adapun agendanya, Ambu Anne meninjau pelaksanaan pembangunan infrastruktur jalan lingkar barat dan pembangunan infrastruktur sekolah, seperti bangunan SD dan SMPN 2 Sukasari.

Ambu Anne menuturkan, pembangunan jalan lingkar barat tersebut dilakukan guna menghubungkan akses dua desa di Kecamatan Sukasari, yaitu Desa Ciririp dan Desa Sukasari yang merupakan desa di ujung barat Purwakarta.

Selain itu Ambu Anne menjelaskan, untuk pembangunan infrastruktur SMPN 2 Sukasari yang terletak di Desa Sukasari, pembangunan tahap pertama dimulai pada tahun 2021 dan sudah selesai dibangun sebanyak 4 ruang kelas. Sedangkan untuk pembangunan tahap 2 yang dibangun pada tahun 2022 sebanyak 3 ruang kelas.

"Kunjungan ini ada juga kaitan potensi wisata yang ada di Kecamatan Sukasari. Jadi bukan berbasis edukasi saja, tetapi ada basis budaya, wisata, lingkungan hidup. Oleh karena itu dengan kunjungan ini agar bisa bangkit wisata Sukasari, dan bangkit UMKM Sukasari," ungkap Anne.

Terkait UMKM yang ada di Kecamatan Sukasari, Ambu Anne juga menjelaskan, terdapat Gula Semut dan Indung Kopi prodak khas Desa Sukasari yang tumbuh tanaman kopinya di lingkungan destinasi wisata Curug Cimata Indung.

"Kopi Robutsa ini merupakan UMKM terdaftar dan menjadi prodak unggulan kopi khas Sukasari, dan ini sudah tumbuh 25 tahun yang lalu," ungkap Ambu Anne.

Melalui UMKM unggulan "Indung Kopi' atau jenis kopi robutsa ini, Ambu Anne berharap dapat meningkatkan ekonomi masyarakat yang berada di Sukasari.

Setelah nantinya programnya pembangunan jalan tuntas dan seiringnya jalan ke Sukasari sudah bagus, maka ekonomi masyarkat akan tumbuh dengan baik," kata Ambu Anne

Untuk menuju lokasi, dari Kota Purwakarta ke Sukasari perjalanannya kurang lebih 1-1,5 jam dengan menggunakan kendaraan doda 2, dan jika menggunakan kendaraan roda 4 membutuhkan waktu sekitar 2 jam.

"Tidak terasa, karena di sepanjang jalan menuju Kecamatan Sukasari banyak pemandangan yang sangatlah indah dan sangat menyenangkan apalagi tempat-tempat wisatanya," ungkap Ambu Anne.

Selain tinjau infrastruktur, Ambu Anne dalam agendanya memberikan sembako kepada warga setempat.

Diketahui, dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh berbagai pihak terkait, seperti Camat, para Kepala Desa dan guru-guru sekolah yang ada di Kecamatan Sukasari serta masyarakat.


Media KIM Kabupeten Purwakarta
Reporter: Zaky (KIM Kecamatan Sukasari)
Editor: Abdar

Ikuti berita-berita KIM ter-update lainnya di Google News