Bupati Purwakarta Perintahkan Para Kades dan Camat Tekan Angka Pengangguran


Purwakarta
- Bupati Purwakarta Hj Anne Ratna Mustika menyebutkan tingginya angka pengangguran di wilayahnya disebabkan oleh beberapa faktor.

Menurut Anne, padahal di daerahnya ini merupakan salah satu wilayah yang memiliki 7 zona Industri.

Hal itu diungkapkan Anne saat menghadiri program Gempungan di Desa Cigelam, Kecamatan Babakancikao, Kabupaten Purwakarta di Provinsi Jawa, Rabu pagi (8/6/2022)

Anne pun menjelaskan, di Kabupaten Purwakarta terdapat tujuh zona Industri, dan sebanyak lima ratus perusahaan kecil, menengah hingga sampai ke perusahaan berskala besar, ada di Kabupaten Purwakarta. 

"Anehnya angka penganggurannya cukup tinggi. Masyarakat Purwakarta hanya menjadi tamu di rumah sendiri, jangan jangan yang bekerja di perusahaan perusahaan tersebut merupakan warga dari luar Kabupaten," ungkap Bupati Purwakarta di hadapan warga.

Untuk mengatasi hal tersebut, Bupati Purwakarta meminta kepada pemerintahan desa dan pemerintahan Kecamatan untuk selalu intens melakukan komunikasi dengan pihak perusahaan yang berada di wilayah setempat.

"Mari kita bersama-sama bersinergi dengan pihak perusahaan agar dapat menurunkan angka pengangguran. Mudah-mudahan saja harapannya melalui program ini dilancarkan," harap Ambu sapaan akrabnya Bupati Purwakarta.

Sementara itu menurut salah satu pengurus PUK SPAMK FSPMI PT SIWS, Ade Supyani mengatakan, bahwa yang harus di perhatikan oleh para pencari kerja agar dapat memperhatikan beberapa hal yang ada di perusahaan atau industri.

"Sebelum melamar pekerjaan yang harus kita perhatikan dan di siapkan adalah mental jiwa industri, dan skill di dunia industri, itu untuk menghadapi tantangan di dunia industri," ucap dia.

Sebab di dunia perusahaan atau industri itu, lanjut Ade, tidak dapat disamakan dengan ketika seseorang masih mengenyam pendidikan. Artinya kalau pelajar itu bolos sekolah, maka yang akan merasa dirugikan itu adalah orang yang bersangkutan.

"Di dunia kerja apabila, jikalau kita bolos kerja justru yang merasa paling dirugikan itu adalah dirinya di perusahaan itu sendiri, termasuk didalamnya terdapat teman-teman buruh itu sendiri," ungkap Ade.

Masih kata dia, terkait dengan tingginya angka pengangguran di Kabupaten Purwakarta, memang ada beberapa perusahaan yang d dominasi oleh pekerja dari luar.

"Untuk, sebaiknya pemerintah daerah melakukan sensus atau pendataan pekerja yang asli Purwakarta dan pendatang, hal ini untuk mengetahui secara pasti jumlah penduduk di Kabupaten Purwakarta yang masih belum bekerja," kata Ade.

Media KIM Kabupaten Purwakarta
Reporter: Yusup Bachtiar
Editor: Abdar

Ikuti berita-berita KIM ter-update lainnya di Google News