Gelar Rakor BUMDes Se-Kecamatan, Begini Harapan Sekcam Babakancikao


Purwakarta
- Dalam membentuk kedewasaan dan kemandirian semua memang butuh proses. Begitupun adanya dengan BUMDes-BUMDes yang ada di Kecamatan Babakancikao khususnya, dan di Kabupaten Purwakarta pada umumnya yang rata-rata baru berdiri kurang dari lima tahun ini.

Namun walau demikian patut di apresiasi juga pasalnya dari 9 desa yang ada di Kecamatan Babakancikao, semuanya sudah pada memiliki BUMDes, yaitu BUMDes Tunas Mandiri Desa Cigelam, BUMDes Mekar Mandiri Desa Mulyamekar, BUMDes Maju Jaya Desa Ciwareng, BUMDes Desmar Desa Maracang, BUMDes Mekar Jaya Desa Kadumekar, BUMDes Makmur Sejahtera Desa Babakancikao, BUMDes Hegar Jaya Desa Hegarmanah, BUMDes Gemilang Desa Cicadas dan BUMDes Cilangkap Wibawa Desa Cilangkap.

Dari ke-9 BUMDes tersebut, pada hari ini bertempat di Aula Kecamatan Babakancikao meggelar rapat koordiansi (rakor) yang di fasilitasi Kasi Ekbang Ahmedi Supendi dan oleh TPP Kecamatan Babakancikao, Kamis (04/10/2021)

Acara tersebut dibuka langsung oleh H.M Cucu Diana selaku Sekcam mewakili Camat Babakancikao Rustaman Arifin yang sama sedang mamimpin rapat ditempat berbeda.

"Saya berharap mudah-mudahan kedepanya BUMDes-BUMDes yang ada ini bisa berkontribusi dalam memajukan perekonomian masyarakat dan bisa menjadi garda terdepan dalam memajukan perekonomian di desanya," ucap Sekcam.

Sementara itu ditempat yang sama Ketua BUMDes Makmur Sejahtera Desa Babakancikao Yuni Yunengsih mewakili Ketua BUMDes yang lainya menuturkan, ibarat bayi yang baru dilahirkan, kita ini baru bisa belajar berjalan dan merangkak. 

"Jadi kita ini masih membutuhkan sekali perhatian dan bimbingan dari pemerintahan desa juga lembaga-lembaga terkait," ucap Yuni.
 

Selain itu, Pendamping Lokal Desa selaku CEO BUMDes sangat diperlukan dalam membentuk kemandirian dan kedewasaan BUMDesa sendiri agar bisa lebih berkembang maju.

"Jujur saja walau keberadaan kami selama ini belum sepenuhnya dapat dirasakan oleh masyarakat pada umumnya. Namun Insyaa Allah kami akan terus berusaha agar kedepanya, keberadaan kami (BUMDes) dapat lebih dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat dan desa," pungkas Yuni.

Media KIM Kabupaten Purwakarta
Reporter: Ali Kim (Kecamatan Babakancikao)