Sertijab Kades, Harapan Camat untuk Kepala Desa Terpilih Se-kecamatan Sukasari


Purwakarta
- Kecamatan Sukasari Kabupaten Purwakarta menggelar acara serah terima jabatan (sertijab) Kepala Desa terpilih se-Kecamatan Sukasari yang dilakasanakan di Aula Pendopo Kecamatan Sukasari, pada hari Selasa 26 Oktober 2021.

Dalam Acara tersebut diawali dengan pembuakan dan pembacaan do'a yang dipimpin oleh Kepala KUA Kecamatan Sukasari KH. Asep. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan Berita Acara (BA) serah terima jabatan, dari pejabat sementara Kepala Desa Se-Kecamatan Sukasari kepada para Kepala Desa terpilih.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara (BA) serah terima jabatan, beserta dokumen kepada para Kepala Desa yang sudah terlantik pada hari Senin, (18/10/2021) lalu oeh Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) dari Bupati Kabupaten Purwakarta yang di serahkan oleh Bapak Muhammad Kosim selaku Camat Sukasari kepada para Kepala Desa terpilih secara satu-persatu.

Camat Sukasari menyampaikan dalam sambutannya, menyampaikan selamat kepada para Kepala Desa terpilih yang sudah berjuang dalam kompetetisi pemilihan Kepala Desa, para Kepala Desa terpilih ini adalah merupakan putra-putra terbaik di setiap Desanya masing-masing. 

"Saya titip kepada para Kepala Desa terpilih, tolong jangan dihianati kepercayaan masyarakat yang sudah diberikan," pesan Camat kepada
 Kepala Desa Se-Kecamatan Sukasari tersebut.

Selain itu untuk para Kepala Desa terpilih, lanjut Camat, kepercayaan dari warga masyarakat adalah amanah yang telah diberikan dan juga beban. Sebab itu bapak-bapak sebagai kepala Desa terpilih punya tanggung jawab besar untuk mengayomi dan membangun Masyarakat,

"Ingat di pundak bapak-bapak ada harapan terbesar dari warga masyarakat dan silahkan di jalankan dengan sebaik-baiknya. Karena masyakat percaya bahwa bapak-bapak bisa membawa perubahan untuk desanya masing-masing.

"Saya percaya dan melihat dari datanya masing-masing bahwa kepala Desa Terpilih ini tidak jauh seumuran dari usianya milenial semua. Silahkan laksanakan visi dan misinya masing-masing yang sudah dibuat dan disampaikan sewaktu kampanye dengan sebaik-baiknya dan jangan menengok sebelah mata, agar desa lebih maju lebih baik lagi," kata Camat Sukasari.

Camat pun mengucapkan terimakasih kepada para Penjabat Kepala Desa sementara yang sudah melaksanakan tugasnya, Desa Kutamanah Dedih Heriana, Kertamanah, Sundana, Desa Ciririp Yahya, Sanim Sukasari dan Desa Parungbanteng Yusuf.

"Alhamdulillah tugas-tugas yang dibebankan kepada beliau-beliau ini, baik tugas dari Kecamatan dan Kabupaten bisa terlaksanakan dengan baik," ucap dia.

Camat pun memohon kepada ibu-ibu tim PKK Desa yang sekarang sudah terpilih yaitu sudah otomatis suaminya jadi Kepala Desa, untuk ikut membantu membantu program-program yang akan dilaksanakan kedepan. Karena melaksanakan tugas relatif baik itu tidak terlepas dari bantuan Ibu PKKnya.

"Jadi saya mohon, sekarang tidak sedikit jadi Kepala Desa itu. Dari badan, materi dan lainnya tidak bisa jadi milik pribadi. Kita sudah bisa mewakafkan yang mau tidak mau sebagian waktu kita, tenaga, pikiran kita untuk warga masyarakat," harap Camat

Ada tiga kata kunci sebagai Kepala Desa menurut Camat Sukasari;
1.Tagog: Kades harus hadir ditengah masyarakat,
2. Gogog: Kades harus bisa berbicara di depan masyarakat,
3.Mantog: Kades harus bisa bersosialisasi/keliling ke seluruh lapisan masyarakat dan ke pemerintahan yang lebih tinggi.

"Dengan tiga kata kunci itu Insya Allah Kepala Desa bisa dekat dengan masyarakat," pungkas Camat.

Diketahui dalam acara tersebut selain Camat Suksari dan para Kepala Desa terpilih yang hadir. Ada tokoh Agama, Kepala KUA, Staf Kecamatan, Staf Desa, Kapolsek Sukasari, Danpos, Bamusdes, Para Pendamping Desa, Pendamping PKH dan dan tamu undangan lainnya.

Media KIM Kabupaten Purwakarta
Kontributor: Zaki (KIM Kecamatan Sukasari)