-->

TA-PED Kabupaten Purwakarta Dorong Pemulihan Ekonomi Melalui BUMDesa

Purwakarta - Pasca Pandemi COVID-19 dalam strategi pemulihan ekonomi, Desa harus berupaya untuk mengali potensi yang ada. Akhirnya beberapa Desa di Purwakarta melakukan pengelolaan sampah secara mandiri. 

Seperti halnya yang dilakukan oleh Desa-desa di Kecamatan Plered ini contohnya. Demi terlaksanakannya program pemulihan ekonomi, seluruh Dirut atau pengelola Bumdes termasuk Kepala Desa disana pada hari ini Kamis (21/1/2021), berkumpul guna membahas pengembangan serta penguatan ekonomi.

Dalam kegiatan tersebut, menghadirkan narasumber Tenaga Ahli Peningkatan Ekonomi Desa (TA-PED) Kabupaten dan dihadiri pula oleh Camat, Kasi Pemerintahan Desa (PMD) Kecamatan Plered di Desa Babakan Sari.

Dalam sambutannya Camat mendorong kepada Desa-desa agar dapat memulihkan kondisi perekonomian Indonesia dimulai dari tingkat Desa.

"Semoga saja dengan diskusi ini bisa mendorong pemulihan ekonomi melalui pengelolaan sampah," harap Camat Plered Asep Sandjaja

Sementara itu M. Ara Giwangkara selaku TA-PED Kabupaten Purwakarta menyebutkan permasalahan sampah pada saat ini perlu diatasi, sebab sampah yang dihasilkan oleh warga yang dibuang ke TPA Cikalotog setiap hari semakin bertambah banyak, apabila dibiarkan begitu saja dapat menyebabkan masalah dikemudian hari.

"Untuk mengatasi sampah tersebut, harus di cari solusinya.
 
Lebih lanjut Ara menambahkan, sebenarnya sampah itu sendiri apabila di kelola secara baik sudah jelas memiliki nilai ekonomis. 

"Makanya kita akan mendorong untuk study nya dan kita dorong para BUMDesa untuk mendirikan BUMDesa bersama, guna mengatasi masalah ini," jelas TA-PED Kabupaten Purwakarta itu.

Kontributor: Abun Bunyamin (KIM Kecamatan Plered).

Tags :

KIMer's by: Admin Media Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Purwakarta

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)