-->

Lestari: PSM Purwakarta Sebagai Relawan Kemanusiaan

Relawan dari PSM Purwakarta saat sedang warga yang sedang membutuhkan penanganan medis 
Purwakarta - Sebagai Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) di Kabupaten Purwakarta, walau hanya sebatas relawan namun tak menyurutkan semangat dan niat bagi Sri Lestari (47) untuk tetap membaktikan diri serta membantu kepada sesama yang membutuhkan pertolongan.

Apa yang telah dilakukan oleh Tari sapaan akrabnya warga dari Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat ini perlu kita acungi jempol. Pasalnya hampir setiap hari aktivitas yang di jalaninya ini banyak di cari orang, serta banyak di butuhkan, terutama pada saat sebagian orang yang sedang menderita sakit. 

Menurut dia hal seperti ini merupakan tugasnya sehari-hari yang dilakukan oleh Tari selama ini adalah menjembatani kebutuhan warga dengan pihak rumah sakit atau medis.

Sebagai Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), hal semacam ini merupakan makanan sehari-hari dia dan merupakan perioritas utama dalam pertolongan pertama atau penanganan pasien yang membutuhkan penanganan medis dan itu merupakan salah satu janji bagi seorang corps sukarelawan.

 "Yang terpenting bagi saya adalah, warga atau masyarkat itu secepatnya mendapatkan penanganan dan tertolong lalu sehat, merupakan suatu kebahagiaan. Senang juga apabila kita dapat berbuat sesuatu kebaikan terhadap orang banyak," katanya.

Tari menambahkan, kebetulan saya sendiri menjadi PSM itu yang berada dibawah naungan Dinas Sosial. 

"Namun pada saat ini, atas rekomendasi dari Pak Dedi Mulyadi (Bupati Purwakarta sebelumnya) saya di perbantukan di Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kabupaten Purwakarta yakni untuk menangani aduan warga yang memerlukan bantuan medis, di bawah naungan Kasi Pelayanan Informasi dan pengaduan masyarakat Pak Heriyanto, ST," ungkap dia ketika dikonfirmasi oleh Reporter Media KIM Kabupaten Purwakarta, Senin (4/1/2021).

Seperti halnya yang tengah ditangani oleh Tari pada saat ini. Sedikitnya ada 2 orang warga Purwakarta pada saat ini sedang membutuhkan penanganan medis. Dengan sukarela di bantu oleh emak-emak ini.

"Kebetulan hari ini ada seorang Balita berusia 2 bulan yang menderita benjolan pada matanya, dia (Muhamad Marsel) merupakan warga kampung Pasir Kihiyang RT 016/RW 006 Desa Lebakanyar Kecamatan Pasawahan," uajar Tari.

Lanjut dia, selain itu juga yang tengah di tolong adalah Ani Yulia (38). Ibu ini merupakan warga di  Perum Puskopad  RT 006/006  Kelurahan Ciseureuh  Kecamatan/Kabupaten Purwakarta.

"Pada saat ini, ibu tersebut sedang menderita kanker ganas yang hingga menahun dan harus segera di lakukan operasi. Karena  perutnya terdapat benjolan seperti daging yang semakin membesar. Setelah di lakukan berbagai macam cara akhirnya mereka kedua warga itu langsung d tangani oleh para medis," sebut dirinya menutup kata.

Reporter: Yusub Bachtiar (Media KIM Kabupateb Purwakarta)

Tags :

Created by: Admin

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)