Diduga Sarat Penumpang Perahu di Waduk Cirata Terbalik

Purwakarta
- Naas, di duga akibat dari kelebihan muatan, 9 orang penumpang perahu terbalik dan tenggelam, di perairan waduk Cirata, Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta Jawa Barat, Jum'at (01/01/21).

Perahu penumpang atau yang biasa disebut oleh warga sekitar dengan bargas itu pada Pukul 12.10 WIB, baru saja melaju sekitar 20 meter akhirnya tenggelam di kampung Pasir Wetan Desa Sinargalih Kecamatan Maniis Kabupaten Purwakarta Jawa Barat, penyebabnya di duga tak kuat menampung penumpang.

Adapun kesembilan identitas para korban baik yang selamat dan tewas adalah sebagai berikut:

4 Korban selamat diantaranya;
1. Riska Maharani 16 tahun, warga Cianjur
2. Siti Sumiati 14 tahun, warga Cianjur
3. Desi Maharani, 10 tahun, warga Cianjur
4. Angga 9 tahun, warga Purwakarta

Korban Meninggal Dunia;
1. Ai Latifah 15 tahun, warga Purwakarta ditemukam pada pukul 14.30 WIB
2. Neng Haryati, 23 tahun, warga Cianjur, di ketemukan pukul 16.14
3. Hamdan alias Badar, 25 tahun warga Cianjur, diketemukan pukul 16.30 WIB
4. Jian usia 1,5 tahun diketemukan pukul 18.00 WIB
5. Akila, 7 tahun, warga Purwakarta diketemukan pada 18.30 WIB.

Adapun alamat tempat tinggal para warga Kabupaten Cianjur yang menjadi korban tewas maupun korban hidup itu adalah warga di Desa Cidadap Kecamatan Campaka Cianjur Selatan.

Semula perahu bargas itu mengarah ke kolam jaring apung dari tepi danau, namun pada saat itu goyang dan tidak seimbang, akhirnya tenggelam. Selanjutnya pengemudi perahu bargas menyelamatkan diri keluar bersama dengan 4 Korban yang selamat di kolam terapung dan 4 orang lainnya tenggelam.

Para Tim SAR gabungan dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) dibantu anggota TNI, Polsek Maniis, Polair, BASARNAS KANSAR Bandung Core ORARI, relawan FAKTA, SAR MTA, IEA, aparat Desa, bersama warga dan Unit SAR 0914 Pramuka Kwartir Cabang Purwakarta.(rls)