Jabar Raih Tiga Penghargaan pada Top Digital Award 2020

Pemprov Jabar diganjar  tiga penghargaan Top Digital Award 2020 dari majalah It Works. 
KIMPurwakarta.web.id
- Pemprov Jawa Barat (Jabar) dinilai sangat baik dalam menerapkan dan memanfaatkan IT (information technologi) bagi peningkatan kinerja daya saing dan layanan kepada masyarakat, sehingga diganjar tiga penghargaan Top Digital Award 2020 dari majalah It Works.

Pemprov Jabar mendapatkan predikat Top Digital Implementation 2020 on Province Government #Level Stars 4. Penghargaan berikutnya diberikan kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil sebagai Top Leader on Digital Implementation 2020 dan penghargaan Top CIO Implementation diberikan kepada Kepala Dinas Kominfo Jabar, Setiaji.

“Penghargaan kami diberikan kepada pimpinan manajemen korporasi, lembaga dan pembina instansi pemerintahan yang dinilai terbaik dalam memberikan dukungan, mengeluarkan inisiatif dalam penerapan dan pemanfaatan IT,” ujar Pimpinan Redaksi Majalah It Works Lutfi Handayani. Top Digital Award 2020 berlangsung di Hotel Raflesia Jakarta, Selasa malam (22/12/2020).

Lutfi mengatakan penilaian diberikan melalui riset, kuisioner dan penjurian akhir yang diketuai oleh Prof.Dr-Ing. Ir . Kalamullah Ramli. Bukan itu saja, menurutnya ditahap akhir dewan juri akan memberikan saran dan masukan terkait pemanfaatan IT dan solusi digital kepada finalis. “Ini semacam konsultasi gratis bagi para peserta,” tuturnya.

Asisten Administrasi Pemprov Jawa Barat (Jabar) Dudi Sudrajat Abdurachim mengatakan tiga penghargaan yang diterima merupakan apresiasi keberhasilan Pemprov Jabar dalam pengembangan dan implementasi digitalisasi di Jabar.

“Faktanya memang Jabar sudah sangat cepat dalam pengembangan digital melalui Dinas Kominfo, dimana dinas memiliki UPTD Pusat Layanan Digital. Artinya kami memang sangat serius dalam pengembangan dan pemanfaatan IT (Information Technologi). Tidak ada pilihan lain sebab kami berorientasi pada kecepatan pelayanan kepada masyarakat,” tegasnya.

Ia mengatakan tantangan kedepan akan semakin berat dan tidak mudah, terutama dalam menjalani adaptasi kebiasaan baru (AKB), dimana tidak bisa lepas dari penggunaan IT baik dalam kehidupan sehari hari atau dalam pekerjaan.

“Kita jangan sampai ketinggalan, tentunya organisasi harus dibenahi, kemudian peningkatan kapasitas SDM, serta inovasi diperbanyak, dengan tujuan untuk memudahkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat,” tuturnya.

Kepala Dinas Kominfo Jabar Setiaji menambahkan penghargaan yang diterima merupakan hasil kerja bersama semua pegawai Dinas Kominfo Jabar dan juga tim IT-nya. Ia berharap penghargaan ini akan menjadi penyemangat untuk kinerja tahun depan yang lebih baik lagi.

“Sudah ada 10 penghargaan nasional dan internasional bagi Dinas Kominfo Jabar, namun sekali lagi bukan sekedar mengejar penghargaan sebab ini bonus dari pelayanan yang sudah kami lakukan sepanjang tahun 2020 ini,” tegasnya.

“Ini harus menjadi loncatan kedepan untuk meningkatkan inovasi dan kreatifitas, khususnya dalam layanan IT,” tambahnya.

Top Digital Award 2020 adalah penghargaan atau award tingkat nasional kepada korporasi, instansi pemerintah dan lembaga atau badan yang dinilai terbaik dalam menerapkan dan memanfaatkan IT bagi peningkatan kinerja daya saing dan layanannya. 

Penghargaan juga diberikan kepada pimpinan manajemen korporasi, lembaga dan pembina instansi pemerintahan yang dinilai terbaik dalam memberikan dukungan, mengeluarkan inisiatif dalam penerapan dan pemanfaatan IT. Tahun ini Top Digital Awardmengambil tema “Top Digital Innovation & Implementation in New Normal”.

Sebelum pemberian penghargaan, acara diisi dengan seminar yang diisi oleh sejumlah nara sumber. Antara lain dari Sasa Inti Head of IT Ridwan Nurfalah, Direktur IT BPKP Rudi Harahap, Kepala Pusdatin Kemensos RI Said Pahlevi dan Dirut Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Arief Sabaruddin.

Rilis: Pemprov Jabar