Disdik Purwakarta Gelar Pelatihan Lifeskill

Wakil Ketua Komisi X DPR-RI, H. Dedi Mulyadi saat menghadiri  pelatihan lifeskill yang di gelar oleh Disdik Purwakarta
KIMPurwakarta.web.id
- Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Purwakarta menggelar pelatihan lifeskill (kecakapan hidup: red), Kamis (17/12) hingga Sabtu (19/12) mendatang. Seremoni pembukaan digelar di Aula Markas Kodim (Makodim) Purwakarta, Kamis (17/12) kemarin.

Dari amatan langsung di lokasi, tampak hadir Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta, H. Purwanto beserta jajaran Disdik Purwakarta. Selain itu, hadir pula Wakil Ketua Komisi X DPR-RI, H. Dedi Mulyadi dan Dandim 0619 Purwakarta.

Dalam kesempatan sambutan, Kadisdik Purwanto menjelaskan sekilas ihwal program yang diinisiasi pihaknya. Menurutnya, program ini penting sebagai bagian komitmen pelayanan publik Disdik untuk publik.

“Hari ini ada 60 peserta yang akan mengikuti pelatihan kecakapan hidup dalam tiga kategori, yaitu (1) barbershop, (2) barista dan (3) healthy food (makanan sehat: red),” katanya.

Lebih lanjut, Kadisdik Purwanto tak luput menyinggung soal pentingnya kecakapan hidup untuk anak-anak di usia produktif. Dia merunut, kecakapan hidup yang dimiliki akan membantu seseorang dalam menghadapi tantangan kehidupan.

“Jika seseorang memiliki kecakapan hidup yang mumpuni, maka dia akan mampu bertahan dalam menghadapi tantangan kehidupan. Apalagi di situasi yang semakin kompetitif seperti yang terjadi saat ini,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Dandim 0619 Purwakarta mengapresiasi program yang digelar di lingkungannya. Dia menegaskan, Makodim Purwakarta sesungguhnya adalah rumah rakyat, sehingga bisa diakses beragam kalangan masyarakat.

“Sedari awal, kami berkomitmen bahwa Makodim adalah rumah rakyat. Dengan begitu, tempat kami terbuka untuk semua kalangan masyarakat,” cetusnya.

Diketahui, program lifeskill Dinas Pendidikan (Disdik) digelar rutin setiap tahunnya. Di tahun ini, ada tambahan kategori lifeskill baru, yaitu pelatihan ekologi dalam bentuk penanaman tanaman dan makanan sehat (healthy food). Sedangkan pelatihan Barbershop dan Barista sudah dihelat sejak tahun 2019.(*)

Rilis: Disdik Purwakarta