-->

Ternyata Ini Kunci Kendalikan Pandemi Covid-19


KIMPurwakarta.web.id - Guru Besar Universitas Indonesia (UI), Prof. Dr. dr. Akmal Taher, SpU(K) mengatakan, pihaknya akan mengusulkan dalam pelaksanaan tracing dan testing di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

"Puskesmas memiliki peran krusial dalam penanganan pandemi Covid-19 di Thailand. Thailand memiliki sekitar 10 ribu puskesmas untuk 70 ribu penduduk. Sementara Indonesia memiliki 10.300 puskesmas untuk 260 juta penduduk," ucapnya.

Menurut Akmal, Puskesmas memiliki kekuatan dan kemampuan dalam mencegah dan mendeteksi dini Covid-19, halnya yang dilalukan di Thailand yang bisa mencegah dan mendeteksi dini Covid-19 yang menilai puskesmas mereka punya kemampuan untuk mencegah Covid-19.

"Jadi kami usulkan tracing dan testing dilakukan di puskesmas, karena kita belum memanfaatkannya. Apalagi jika kita ingin mempertahankan pelayanan dasar kesehatan," katanya.

Sementara itu, Senior Advisor WHO asal Indonesia, Diah Satyani Saminarsih menyatakan bahwa puskesmas adalah kunci untuk mengendalikan pandemi dari hulu karena memiliki jejaring yang sangat luas.

"Investasi di puskesmas, layanan kesehatan dasar, akan menopang kesehatan suatu negara. Kami menyarankan agar pemerintah bisa mengoptimalkan peran strategis puskesmas dalam penanganan Covid-19," ungkapnya.(*)

Tags :

Created by: Admin

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)