-->

Ini Terobosan Pemdes Karangmukti Bantu Penguatan Pangan Keluarga Untuk Warganya

Cara seperti inilah yang di lakukan oleh pemerintahan desa Karangmukti sebagai terobosan apabila lahan pertanian berubah menjadi lahan industri
Purwakarta - Pemanfaatan lahan pekarangan di jadikan sebagai lahan pertanian merupakan salah terobosan untuk penguatan sistem ketahanan pangan keluarga, Pemerintahan Desa Karangmukti Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta, edukasi warga dengan cara bercocok tanam sistem hidroponik.

Langkah yang dilakukan ini merupakan terobosan yang dilakukan oleh kader posyandu dan TP PKK Desa tersebut, dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan, melalui pemanfaatan lahan pekarangan di jadikan lahan pertanian sistem hidroponik.

"Sejak sebulan kebelakang kami bersama para kader posyandu dan tim penggerak PKK Desa, menyulap lahan pekarangan, lalu di memanfaatkan menjadi lahan untuk bercocok tanam," ujar Arif Danu Koswara SP, Kades Karangmukti, Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta di Provinsi Jabar, ketika ditemui oleh Media KIM Kabupaten Purwakarta, Senin (14/9/2020).

Masih kata Arif Danu, pekarangan yang kecil pun dapat di manfaatkan, sementara itu bahan-bahan yang dipergunakan adalah sistem sisipan di susun bertingkat-tingkat, kemudian baru di semai benihnya sesuai dengan keinginan," jelasnya.
 


Lanjut PJ Kades apabila nantinya sekitar 70 persen lahan pertanian sudah di jadikan sebagai lahan industri, maka sudah dipastikan warga akan sulit untuk bertani. Maka dengan hal-hal seperti inilah salah satu untuk bertani.

Diharapkan dengan metode ini warga masih tetap bisa berkarya dan memanfaatkan lahan yang ada lalu mengembangkan potensi minat di bidang perekonomian di sektor pertanian, pungkas PJ Kades Arif Danu.


Reporter: Yusup Bachtiar (KIM Kabupaten Purwakarta)

Tags :

Created by: Admin

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)