-->

Galakkan Kebersihan, Sebelum Terima BLT Warga Di Desa Ini Lakukan Jumsih

Para KPM di Desa Karangmukti Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta, sukarela bebersih di sekitar lingkungannya, melalui program Jumsih
Purwakarta - Biasanya pemberian bantuan langsung tunai (BLT) di tiap daerah secara langsung diberikan kepada keluarga penerima manfaat (KPM). Namun ada sedikit berbeda di Desa Karangmukti di Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta terus gencar menggalakkan program kerja bakti dengan membiasakan warganya bergotong royong di setiap hari Jum'at pagi.

Hal ini dilakukan oleh para warga terutama bagi keluarga penerima manfaat (KPM) sebelum menerima Bantuan langsung tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) pada tahap terakhir di tahun 2020, melakukan aksi bebersih di sekitar ke RW-an nya masing-masing, melalui program Jumsih.

Pantauan Media KIM Kabupaten Purwakarta di beberapa lokasi kegiatan kerja bakti, terlihat aksi sosial membersihkan lingkungan, kemudian penjabat Kades beserta stafnya mendatangi balai RW dimana para KPM itu sedang membersihkan lingkungan dan aparatur desa datang ke warga guna memantau langsung kerja bakti ini dan langsung menyalurkan Bansos DD.


Arief Danu, Pj Kades Karangmukti, menyebutkan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang rutin di lakukan untuk meningkatkan kebiasaan hidup bersih..

"Kesekian kalinya para KPM di sini melakukan kerja bakti dengan sukarela membersihkan sekitar tempat tinggalnya, setelah selesai kerja bakti, baru mereka menerima Bansos BLT," terang Arief Danu, ketika ditemui oleh Media KIM Kabupaten Purwakarta, di sela-sela pembagian Bansos, Jum'at (25/9/2020).

Pj Kades Karangmukti menambahkan, kebersihan ini merupakan tanggungjawab semua warga.

"Sedangkan banyaknya jumlah KPM di desa Karangmukti, ada sebanyak 85 KPM yang terdiri dari orang tua dan jompo," terangnya.
 
Pemberian BLT kepada KPM
Sementara itu menurut ketua RW 04, pada hari ini kegiatan tersebut di mulai dari tiga tempat.

"Kerja bakti di mulai dari RT 07, 08, perbatasan antara dua Desa yakni Karangmukti dan Desa Cikopo, kemudian di lanjutkan ke jalur utama menuju ke kKampung Bodem," ujar Atong Supriatna selaku ketua RW 04 di Desa Karangmukti. 



Reporter Media KIM Kabupaten Purwakarta: Yusup Bachtiar

Tags :

Created by: Admin

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)