Bupati Purwakarta Dorong Pemulihan Ekonomi Masyarakat Purwakarta

Anne Ratna Mustika saat pelatihan UMKM di aula Janaka
KIMPurwakarta.web.id - Bupati Purwakarta terus berupaya melakukan pemulihan ekonomi, akibat pandemi Covid-19. Khususnya masyarakat Purwakarta yang selama ini bergelut di sektor UMKM.

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 saat ini sangat berpengaruh buruk diseluruh sektor, terutama sektor perekonomian.


“Geliat UMKM di kita, selama ini menunjukan trend yang sangat positif. Ini yang harus terus kita dorong, karena secara tidak langsung turut membantu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat,” ujar Anne dalam kegiatan pelatihan UMKM di aula Janaka, Sekretariat Pemerintah kabupaten Purwakarta, Kamis (23/07/2020).


Anne menjelaskan, menurut data dari Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Purwakarta, ada lebih dari 8.000 pelaku UMKM di Purwakarta. Para pelaku usaha ini, tersebar di hampir seluruh desa di 17 kecamatan, yang mayoritas, UMKM ini begerak di sektor makanan dan minuman.


Menurut Anne, dalam hal ini pemerintah memiliki tanggung jawab untuk kembali mendorong mereka untuk kembali bangkit, salah satunya membantu dalam hal pemasaran. Saat ini, sebagian produk UMKM yang dihasilkan para pelaku usaha di wilayannya sudah merambah galeri ataupun outlet oleh-oleh.


Ia berpesan, para pelaku UMKM ini harus lebih memperhatikan produknya, baik dari sisi kualitas maupun kuantitas. Menurutnya, ada tiga syarat utama yang harus diperhatikan. Yakni, soal kualitas produk, kuantitas produksi dan pengemasan.


Saat ini pihaknya mendapat tawaran kerjasama dari perusahaan minimarket. Yakni, PT Indomarco Prismatama. Perusahaan tersebut, saat ini turut mendukung sektor UMKM di Purwakarta. Yaitu, dengan melakukan pelatihan para pelaku UMKM.


“Sinergitas ini sejalan dengan visi misi bupati untuk mendorong UMKM yang selama ini menjadi urat nadinya perekonomian masyarakat Purwakarta,” jelasnya.


Dengan pelatihan dan kerjasama ini, dia berharap, produk UMKM masyarakatnya bisa masuk dan dipasarkan di minimarket yang ada dibawah naungan perusahaan tersebut. Misalnya, Indomaret.


“Dengan pelatihan ini, kami berharap para pelaku UMKM bisa lebih meningkatkan kualitasnya, baik itu dari segi produknya maupun kemasannya. Sehingga, bisa membuka peluang terhadap produk-produk UMKM ini untuk dipasarkan di store-nya Indomaret, baik yang di luar daerah atau di Purwakarta sendiri,” tambah Anne.


Pelatihan ini, diikuti sekitar 75 pelaku UMKM, karena memang tempatnya terbatas. Namun, tidak menutup kemungkinan, untuk kedepannya akan dibuka kembali pelatihan lainnya, mengingat ada lebih dari 8.000 pelaku UMKM yang terdata di diskoperindag.


Micro Economic Project Executive, PT Indomarco Prismatama, Purwanto Wahyudi menambahkan, pelatihan ini menjadi salah satu tanggung jawab dari Indomaret. Karena, perusahaannya punya komitmen bagaimana membantu para pelaku UMKM untuk lebih meningkat lagi produknya.

“Pelatihan ini, tujuannya untuk membantu menaikan kelas. Harapannya, nanti mereka bisa menghasilkan suatu produk yang hasilnya betul-betul sudah bagus. Supaya, kedepan tidak hanya dijual di Indomaret, tetapi juga bisa dijual di tempat lain,” ujarnya. (*)