Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Purwakarta TP2 UPK DAPM Bungusari Milik Aset Hingga Milyaran - KIM Purwakarta

TP2 UPK DAPM Bungusari Milik Aset Hingga Milyaran

Usai di temui Media KIM Kabupaten Purwakarta, UPK DAPM Kecamatan Bungursari, Sempat berfoto bersama di depan kantornya
Purwakarta - Dana amanah pemberdayaan masyarakat (DAPM) atau yang dahulu lebih dikenal dengan PNPM Mandiri di Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, kini memiliki aset hingga milyaran rupiah.

Menurut Samsi Rafiyudin, selaku ketua DAPM di Kecamatan ini, kini bergerak di bidang pengelolaan simpan pinjam keuangan bagi kelompok perempuan atau KSPP, memiliki anggota yang tersebar di beberapa desa.

"Dari ke 53 anggota kelompok simpan pinjam perempuan itu, tersebar di Desa Ciwangi, Cibening, Wanakerta, Cinangka, Bungursari, Cibungur, Cikopo dan Karangmukti. Sedangkan untuk dua desa lainnya yakni Desa Cibodas dan Dangdeur, tidak ada kelompok penganutnya," ujar Samsi ketika di temui oleh Media KIM Kabupaten Purwakarta, Rabu (17/6/2020) di kantornya di Kampung Warung Mekar RT 05/03 Desa Bungursari, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, di Provinsi Jabar.

Masih menurut Samsi, sejak awal berdiri berdiri pada tahun 2016, dahulu kala DAPM memiliki aset sebesar 1.7 milyar dan kini sudah mencapai 2 milyar lebih eksistensinya masih saja dapat membantu perkembangan usaha perekonomian dibidang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), mampu membebaskan warga masyarakat terbebas dari Bank Emok, Bank keliling atau istilah lainnya lintah darat. Unit usaha yang kini di kelolanya bersama anggota UPK DAPM Bungursari, memiliki tim penyehatan pinjaman (TP2).

"TP2 inilah ketika di masa PNPM mandiri yang bertugas sebagai tim penyehatan pinjaman yang bersifat pemeliharaan perkembangan infrastruktur. Namun pada saat ini bertugas khusus ke penyehatan pinjam kelompok simpan pinjam perempuan," pungkasnya.



Reporter: Yusup Bachtiar (KIM Kabupaten Purwakarta)

Tags :

Created by: Admin

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)