Info Penting! KAI Mulai Operasikan KA Reguler, Catat Tanggalnya

Ilustrasi - Kereta Api (Foto: Net)
KIMPurwakarta.web.id - PT Kereta Api Indonesia kembali mengoperasikan Kereta Api Jarak Jauh dan Kereta Api Lokal Reguler secara bertahap untuk melayani masyarakat terhitung 12 Juni 2020.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, pengoperasian kembali perjalanan KA reguler sebagai komitmen PT KAI untuk melayani masyarakat yang ingin bepergian keluar kota dengan menggunakan moda kereta api.


"Perjalanan kembali KA reguler ini mengacu pada Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 No 7 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 dan Surat Edaran Ditjenka Kemenhub No 14 Tahun 2020 Tanggal 8 Juni 2020 tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Pengendalian Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Mencegah Penyebaran Covid-19," ucapnya.


Didiek menegaskan, pengoperasian kembali KA Reguler ini tetap diikuti dengan protokol pencegahan Covid-19 yang ketat untuk pencegahan penyebaran Covid-19 melalui transportasi kereta api sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 No 7 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19.


"Dalam pengoperasian ini terdapat 14 KA Jarak Jauh dan 23 KA Lokal yang dijalankan kembali mulai hari Jumat, 12 Juni 2020 untuk seluruh lapisan masyarakat yang ingin bepergian menggunakan kereta api," kata Didiek, Jumat (12/06/2020).


Sementara itu, Executive Vice President Daop 2 Bandung, Fredi Firmansyah, untuk wilayah Daop 2 Bandung terdapat 1 KA Jarak Jauh yakni KA Kahuripan relasi Kiaracondong-Blitar pp dan penambahan 39 perjalanan KA Lokal yang dioperasikan mulai 12 Juni 2020 ini.


"KA yang beroperasi pada tahap awal 12 Juni 2020 ini terdiri dari 1 KA Jarak Jauh yakni KA Kahuripan relasi Kiaracondong-Blitar pp dan penambahan 39 perjalanan KA Lokal. KA Kahuripan berangkat dari Stasiun Kiaracondong pada pukul 23.15 WIB," ucapnya