-->

BumDes Barokah Mandiri Cibogohilir Makin Moncer

BumDes Barokah Mandiri Desa Cibogohilir Kecamatan Plered
Plered - Desa Cibogohilir Kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta memiliki BumDes yang perlahan mulai berkembang. Bumdes yang diberi nama Barokah Mandiri ini bergerak dibidang perdagangan dan pelayanan jasa.

"Berdirinya bulan desember 2017 namun mulai berjalanya pada bulan Januari 2018," ujar Ketua BumDes Barokah Mandiri Aab Abdurahman.


Menurutnya untuk mewujudkan BumDes bisa berjalan, pada tahun 2018 lalu Pemerintah Desa mengucurkan dana melalui Dana Desa sebesar Rp.70 juta. Kemudian pada 2019 di kembali disuntik sebesar Rp100 juta.

"Ada sekitar 10 orang yang terlibat dalam BumDes ini," singkat Aab.


Ia menjelaskan, pada awalnya BumDes mulai merintis usaha pada bidang warung sembako atau warung kelontong kemudian melebarkan sayap di usaha produksi simping yang saat ini sudah berjalan. 

"Ditambah lagi usaha griya bayar BTN atau PPOB Online dan Pom Mini," kata Aab.

Disinggung soal omset pendapatan, Aab menjelaskan, sirkulasi atau perputaran uang di BumDes ini bisa mencapai puluhan juta rupiah. 

"Omset sebulan bisa mencapai Rp50 juta kalau untuk pendapatan bersih sebulan bisa Rp.3-4 juta," jelasnya.

Pada tahun 2019 lalu BumDes ini telah menyumbang ke pendapatan asli desa sebesar 2, 4 juta rupiah "Sementara untuk honor anggota karena memang pengahasilan BumDes masih pluktuatif jadi tidak tentu kira bisa 200 sampai 300 ribu rupiah," katanya.

Dirinya menjelaskan, untuk menambah pengetahuan tentang pengelolaan BumDes para pengurus sudah mengikuti berbagai pelatihan. 


"Iya pernah pelatihan yang di adakan KemenDes," katanya.

Ia menambahkan, meski begitu BumDes ini bukan tanpa kendala. M
asyarakat di desanya masih belum mengetahui tentang BumDes ini juga belum memahami hadirnya BumDes di tengah masyarakat. 

" Jadi belum semua bisa belanja ke BumDes kita. Kendala lainya adalah masalah harga karena kita belum bisa bersaing dengan warung-warung grosir lainya," ungkapnya.

Ia menjelaskan, di tahun 2020 ini BumDesnya bakal melakukan garapan baru. 


"Besok kita akan melakukan kumpulan untuk membahas segala sesuatunya," ucap dia.

Bahkan dalam waktu dekat para pengurus BumDes Barokah Mandiri bakal melakukan study banding dengan harapan BumDes ini bisa bekembang dan maju demi kepentingan masyarakat.

"Tahun ini kita akan agendakan studi banding ke Megamendung Bogor atau ke Kabupaten Banjar karena disana ada BumDes yang bagus sebagai percontohan," pungkasnya.

(Lukman Fauzi)

KIM Kecamatan Plered

Tags :

Created by: Admin

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)