-->

YIK Cikopo Gandeng PT Migas Hulu Jabar Latih Pemuda Hidroponik Sayuran

Foto bersama, usai pelatihan budidaya tanaman sayuran hidroponik dalam tabulampot.
Bungursari - Didasari oleh rasa keprihatinan terhadap mahalnya komoditi sayuran pada saat ini, yang notabene merupakan kebutuhan mendasar di rumah tangga, Yayasan Insan Kamil (YIK) Cikopo, berdayakan masyarakat di sekitar Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta ini, berikan pelatihan usaha budidaya pertanian sayuran hidroponik dalam tabulampot.

Menurut Ali Burhani M, Ketua Yayasan Insan Kamil Cikopo, Pelatihan ini diselenggarakan oleh YIK Cikopo dengan menggandeng PT Migas Hulu Jabar yang merupakan BUMD Jawa Barat, untuk menjadi sponsorsip.

"Kegiatan pelatihan pertanian ini didasari oleh keprihatinan kami terhadap mahalnya komoditi sayuran yang merupakan kebutuhan mendasar bagi ibu rumah tangga. Oleh karena itu, yayasan memandang perlu memberikan fasilitas kepada masyarakat untuk mengikuti pelatihan tersebut," ujarnya kepada KIM Kabupaten Purwakarta, Rabu (25/12/2019), di aula kantor desa Cikopo.

Lanjut dia, sebanyak 80 orang warga yang berbeda di Kecamatan Bungursari, antusias mengikuti pelatihan ini.

"Konsep dasarnya adalah kemandirian dan pemenuhan kebutuhan sayuran bagi rumah tangga. Jika sudah terpenuhi, maka hasil panen sayuran bisa dijual secara urban farming, sehingga memiliki penghasilan tambahan bagi para peserta pelatihan pertanian" ungkapnya.

Mayoritas yang mengikuti pelatihan budidaya sayur hidroponik dalam tabulampot pada hari ini, sambung Ali merupakan kalangan pemuda yang memiliki jiwa kewirausaha dan kepedulian terhadap bidang pertanian.

"Atas dukungan serta kerjasamanya dari sponsorsip, tak lupa kami haturkan terima kasih yang tak terhingga dan sebesar-besarnya, juga kepada pemerintah desa Cikopo dan Karang taruna, mitra karya remaja desa Cikopo yang telah memberikan kontribusi yang besar terhadap kelancaran dan kesuksesan acara tersebut." pungkasnya
 
Foto kegiatan pelatihan budidaya tanaman sayuran dalam pot di desa Cikopo.
Sementara itu, ditemui ditempat yang sama, Tatang Supriatna Kepala Desa Cikopo usai membuka kegiatan menyampaikan bahwa dirinya sangat mengapresiasi yang setinggi-tingginya terhadap penyelenggaraan kegiatan pelatihan wirausaha muda bidang pertanian, itu.

Dipelatihan yang baru saja selesai diselenggarakan ini, membuktikan bahwa masih ada generasi muda yang peduli terhadap pertanian, sehingga layak diapresiasi secara positif, meskipun pada saat hari libur panjang seperti saat ini

"Meskipun dihari liburan seperti saat ini, ternyata masih ada pemuda antusias mengikuti pelatihan budidaya tanaman sayuran dalam pot, jadi tidak ada salahnya saya mengagumi mereka (para peserta pelatihan," kata Tatang.

Dalam pelatihan ini, juga ada komunitas Salam Hijau Purwakarta (SAHIPU) dan Komunitas Urban Farming Purwakarta. Mereka datang ke kegiatan tersebut, menyampaikan materi tentang hidroponik. 


(Yusup Bachtiar)
KIM Kabupaten Purwakarta

Tags :

Created by: Admin

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)