Suara Aktifis KIM Yang Ingin Membesarkan Keorganisasiannya

Diskusi pengurus KIM Kecamatan Purwakarta di Kantor Kelurahan Nagritengah (Foto: Dewi)
Purwakarta - Dinamika dalam organisasi Kelompok Informasi Masyarakat (Kim) tingkat Kec. Purwakarta pada dasarnya mempunyai perilaku yang sama meskipun dengan wajah berbeda secara alamiah akan bermimikri pada organisasi raksasa yang dijadikan Kiblat.

Hal itu masuk menjadi dasar - dasar pemikiran sebagai referensi pembentukan sistem melalui riset dan observasi untuk mengkaji pengelolaan organisasi yang baik dan diimplementasikan kedalam aktifitas Kim.


Seperti apa yang diutarakan salah-seorang anggota Kim Kec. Purwakarta, Erwin Herdiansyah, SE. Saat berdiskusi dengan Pengurus Kim lainnya di Kantor Kelurahan Nagritengah.


"Pada dasarnya pengaturan dalam sebuah organisasi itu sama, terutama akan ada orang yang menjadi fanatik, antusias, pemanfaat, provokator, dan penghianat," Tandasnya. Purwakarta, Sabtu (9/11/19).


Menurutnya setiap formatur di dalam kepengurusan Kim diisi oleh orang dengan background Organisatoris agar kim yang bersifat Sosial & Demokratis tak perlu lama meraba Tupoksinya.


"Orang yang berpengalaman di organisasi akan lebih cepat beradaptasi dengan karakteristik Kim sebagai mediator informasi masyarakat dengan pelayanan Pemerintah," Ujar Erwin.


Sementara itu Lurah Nagritengah, Engkun Kuntadi, SE. Menginisiasi dan mendukung Kim dengan menyediakan sarana diskusi Kim Kec. Purwakata di aula Kelurahan Nagritengah.
"Saya persilahkan angota Kim menggunakan aula Kelurahan untuk sarana berdiskusi dan acara - acara Kim,"Katanya.


Diwaktu yang sama Wief Pradipta selaku Ketua Kim Kec. Purwakarta, mengatakan pengelolaan kim idealnya diisi oleh aktivis organisasi sosial.


"Saya sependapat dengan Pa Erwin bahwasannya Formatur Kim berisi aktivis sosial karna Kim bukan tempat bekerja yang berorientasi kepada Uang, adapun anggota Kim bisa memanfaatkan informasi untuk kegiatan usahanya itu wajar saja, tapi bukan lantas Kim Itu menjadi lembaga lahan usaha," Ulasnya.


Selain itu Wief mengulas Formatur Kim Kec. Purwakarta yang diyakininya bisa bersinergi membangun organisasi yang sehat.


"Latar belakang anggota Kim Kec. Purwakarta ada Kang Tisna aktivis GMNU dan Gema Sunda, kang Kusnadi dari aktivis PMII, Bu Dewi dari Kesekretariatan Partai, dan yang tak asing lagi Pa Erwin Kasepuhan beberapa Organisasi yang ada di Purwakarta," Ulasnya.


(Dewi)
KIM Kota Purwakarta