Bunda... Kenali Pertumbuhan Si Buah Hati Sejak Dini

Puskesmas koncara bersama Guru TK & Kader Kesehatan menggelar sosialisasi Stimulasi
Purwakarta - Setiap anak mempunyai kondisi metabolisme berbeda yang mempengaruhi pertumbuhannya sehingga Bunda harus mengenali fase pertumbuhan anak.

Untuk mengenali Pencegahan stunting (cebol) & kemampuan motorik pada anak, Puskesmas koncara bersama Guru TK & Kader Kesehatan menggelar sosialisasi Stimulasi, Deteksi, Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK)
SDIDTK yang mengulas problemantika fase pertumbuhan balita.

"Tujuan sosialisasi ini memberikan upaya pemahaman kepada orang tua tentang perkembangan fisik dan motorik anak dari bayi sampai balita,"Terang Kapus Koncara Hj. Neni Ruhyawati, AMd di Purwakarta. Rabu,(2/10/19).

Ketua pelaksana Pelayanan Kesehatan Balita & Apras, Lia Maria Ihsana, AMd.Kep mengatakan peserta diharapakan bisa mengenali penyimpangan pertumbuhan anak dari sosialisasi ini itu.

"Saya harap Ibu - Ibu bisa mengetahui penyimpangan pertumbuhan anak dan menerapkan materi stimulasi yang akan di berikan, kita berikan juga angket pertumbuhan anak dengan metode pengisian sesuai SDIDTK," Ujarnya.
 


Menurut Mutiara srie, S.ST selaku Pemateri dia mengatakan Indikator pertumbuhan anak dilihat dari perubahan Motorik halus,Motorik kasar, Kemampuan bicara dan bahasa, Serta Sosialisasi & Kemandirian anak.

"SDIDTK juga mengedukasi indikasi - indikasi masalah tumbuh dan kembang anak dengan cara pendeteksian,"Ujarnya.

Efek dari Sosialisasi SDIDTK peserta mendapatkan pemahaman dinamika pertumbuhan anak yg di ulas sampai ke akarnya. Seperti :
- Pengertian tumbuh kembang.
- Ciri ciri tumbuh kembang.
- Prinsip perkembangan anak.
- Faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang.
- Periode tumbuh kembang.
- Gangguan tumbuh kembang yang sering ditemui.

(Dewi)
KIM Kota Purwakarta