-->

Rasam Tewas Mengenaskan Dengan Kondisi Gosong Terbakar Di Hutan Cibungur

Beginilah kondisi Rasam(60), korban yang tewas hangus terbakar,
di lokasi Kampung Krajan RT 02/01 Desa Cibungur, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta
Bungursari - Rasam (60) seorang Kakek asal Maleber Cilamaya, Kecamatan Banyusari, Kabupaten Karawang ini, ditemukan oleh warga sekitar dalam keadaan tewas hangus terbakar.

Korban ini harus kehilangan nyawanya saat sedang membakar ranting dan daun kering yang berada di lahan Perhutani Cibungur Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta. Kejadian ini terjadi pada hari Rabu, (18/09/2019), sekira pukul 13.50 WIB, di kampung Krajan RT 002/001, Desa Cibungur, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta.

Menurut keterangan Amirudin (27), saksi, warga Kampung Krajan, pada saat itu dirinya sedang berjualan gorengan di pintu gerbang rel kereta api Cibungur, dirinya di telepon oleh istrinya yang bernama Ai Isnawati (29), memintanya agar segera pulang, dan mengabarkan telah terjadi kebakaran di sekitar kediamannya. Pada saat mendengar kejadian itu, dirinya segera bergegas tinggalkan barang dagangannya. 


"Tanpa berpikir panjang langsung saja saya mengambil langkah seribu, karena khawatir api semakin membesar dan merembet ke rumah," sebut Amirudin.

Lanjut saksi, sejak tiga hari ini, korban memang menumpang di kediamannya untuk mencari kerja, sebelum meninggal, tambah Amir, korban sering kali merasakan penyakit asma.

"Diduga pada saat itu, korban sedang membakar daun-daunan dan ranting pohon yang kering sendirian, di lahan milik Perhutani. Pada saat itu angin bertiup kencang, sehingga membuat api semakin membesar, dan si korban pun kemungkinan besar terlalu banyak menghirup asap dari pembakaran akhirnya terjebak dalam kobaran api," ujar saksi, ketika dikonfirmasi oleh KIM Kab. Purwakarta, di TKP.

Atas penemuan jasad korban terbakar itu, akhirnya warga melaporkan ke pihak keamanan Perum Pesona Jati Indah, lalu menghubungi Babinsa dan Bhabinkamtibmas Cibungur. Tak lama berselang, akhirnya pihak Kepolisian dari Polsek Bungursari dan Polres Purwakarta pun tiba di lokasi dan memintai keterangan saksi. 


Mayat korban terbakar pun dibawa oleh Unit INAFIS Polres Purwakarta ke RS Bayu Asih untuk kepentingan penyelidikan. 

Selanjutnya menurut pengakuan dari perangkat Desa Cibungur yang ikut ke RS Bayu Asih Purwakarta, korban tewas di bawa ke RS Sartika Asih Bandung, untuk di autopsi jenazah.


Menanggapi maraknya kejadian yang terjadi di wilayahnya Camat Bungursari, Muhamad Saripul Harom, S. Sos, pun angkat bicara, menurut dia, seharusnya di setiap Desa di bentuk Satuan Tugas (Satgas) khusus mengatasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Karena banyaknya kejadian kebakaran hutan dan lahan di kawasan Bungursari, sebaiknya di setiap Desa, di bentuk Satgas khusus untuk mengatasi hal kebakaran," ujarnya pada saat sedang berada di TKP kebakaran yang menewaskan Rasam(60) Kakek malang, asal Maleber Cilamaya, Banyusari, Karawang, tutur Camat Harom.


Yusup Bachtiar
KIM Kab. Purwakarta

Tags :

Created by: Admin

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)