-->

Lawan Hoaks Untuk Memajukan Pembangunan Daerah, Hidup Rukun Tanpa Hoaks


Purwakarta - Dalam upaya memerangi berita bohong atau hoaks, Jabar Saber Hoaks yang merupakan tim yang dibentuk oleh Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat gelar sosialisasi di di Bale Yudistira Pemda Kab Purwakarta, pada hari Jumat tanggal 27 September 2019.

Acara yang mengusung tema "Lawan Hoaks Untuk Memajukan Pembangunan Daerah, Hidup Rukun Tanpa Hoaks" itu dibuka langsung oleh Kadis Kominfo Kabupaten Purwakarta Dra. Hj. Ida Hamidah, MM yang mewakili Bupati Purwakarta dan turut dihadiri oleh beberapa unsur yakni OPD, Operator TIK dari kecamatan, dan para Kasi PMD, para Komintas yang ada di purwakarta dan para Pelajar.

"Hoaks adalah berita bohong dan kita perlu mencari tahu kebenarannya," Ujar Dra. Hj. Ida Hamidah, MM

Turut hadiri pula narasumber,
1. Dra Hj Ida Hamidah MM Kadis Kominfo Kab Purwakarta
2 Enda Nasution Kordinator Jabar Saber Hoaks (JSH )
3 Septiawan Santana S.Sos, M Si dari Dekan Fikom Unisba
4 Handayani Husain Kordinator MAFINDO Bogor
5 Brigpol Frima Suparman dari Polres Purwakarta

" Memilih media masa hindari hoaks, Merawat spirirt pencegahan hoaks dengan budaya tabayyun. Makan dari itu, Yuk kita saring sebelum Sharing." ujar Setiawan santana salah satu narasumber dari Dekan Fikom Unisba.

Handayani Husain selaku Kordinator MAFINDO Bogor cara mengenali hoaks menurutnya,


"Periksa situs dan kualitas artikel, Manfaatkan Google Images, dan Periksa kebenarannya isi berita. Terutama penulisan berita yang perlu kita ketahui adalah 5W + 1H, yaitu What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana)" ujar Handayani.

Atas digelarnya sosialisasi tersebut, Polres Purwakarta Brigpol Frima Suparman peredaran hoaks melalui media sosial di Jawa Barat dapat berkurang dan masyarakat semakin melek dalam literasi digital sehingga dapat lebih bijak dalam menggunakan media sosial.

"Kami dari Polres Purwakarta mengajak semua pihak, mari gunakan media sosial dengan bijak, jangan sebarkan berita yang tidak jelas sumbernya. Dan yang pasti mari kita berantas hoaks bersama-sama, karena hoaks bisa memecah belah kita dan bisa menghancurkan bangsa ini," ucap Brigpol Frima Suparman.



Puji Sumaya
KIM Kab. Purwakarta

Tags :

Created by: Admin

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)