-->

Cacing Sutra Bak Anugrah Di Pesisir Sungai Citarum


Babakancikao - Wilayah pesisir sungai citarum Desa Cilangkap Kec. Babakancikao dikaruniai berkah dengan melimpahnya cacing sutra liar yang mempunyai nilai komoditas tanpa harus membudidayakannya.


Cacing sutra atau dengan nama latin Tubifex tumbuh subur di wilayah Desa Cilangkap yang dilintasi sungai itu dijadikan mata pencaharian untuk warga sekitar, setiap harinya warga pencari cacing sutra mendapatkan penghasilan rata - rata Rp. 50.000 sampai Rp. 80.000 setelah dijual kepada penangkar.


Dari perilaku pasar, warga membentuk kelompok pencari & penangkaran cacing sutra dengan anggota 12 Orang yang memiliki visi peningkatan kesejahteraan anggota dan revitalisasi pesisir sungai agar populasinya tidak punah.

"Kami membentuk kelompok agar bisa melestarikan populasi cacing sutra di pesisir sungai citarum sebagai habitat alaminya dengan tidak menjaring dengan lumpur - lumpurnya dan membersihkan dari sampah plastik," Terang Maman Suparman , ketua kelompok Penangkar Cacing Sutra. Purwakarta, Senin,(7/9/19).


Kelompok itu sudah mendapat izin dan diketahui oleh Pemdes setempat dan Dinas Peternakan & Perikanan Kab. Purwakarta.


"Kelompok ini sudah mendapatkan legalitas dan diketahui oleh Pemerintahan Desa Cilangkap, 3 bulan yang lalu juga ada penyuluhan dari Dinas Peternakan Purwakarta,"Ucap Maman.


Maman menambahkan permintaan pasar masih belum terpenuhi karna langganan ada dari Subang, Cikampek, Tangerang, Tulung Agung, Pati Bahkan sampai ke lampung.


"Perhari kapasitas kelompok 150 liter, sedangkan permintaan perhari mencapai 1.000 liter, untuk suplai di Kab. Purwakarta saja lebih dari 200 liter perhari. Jadi untuk konsumen luar kota bukan prioritas kami," Katanya.



Wief
KIM Kab. Purwakarta

Tags :

Created by: Admin

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)