-->

9 Sumber Mata Air Di Wanayasa Wajib Di Pelihara Oleh Pemerintah Untuk Sektor Pertanian


Purwakarta - Antisipasi musim kemarau panjang Pemkab Purwakarta mengajak masyarakat untuk Ikut menjaga kelestarian sumber mata air agar menurunkan tingkat kelangkaan air di segala lini kehidupan terlebih di sektor pertanian.

Berdasarkan UU RI No. 7 tahun 2004 tentang Sumber Daya Air, Pemkab Purwakarta menerapkan upaya pelestarian sumber mata air bersama Masyarakat dengan membuat acara "Muru Indung Cai Purwakarta Istimewa" bertepatan pada hari jadi Purwakarta ke-188 dan Kabupaten ke-51. Pada Rabu (17/7/2019).

Isi acara itu berupa Napak Tilas dari wanayasa menuju taman sribaduga dengan membawa air yang bersumber dari 9 Mata Air di wilayah Kec. Wanayasa seraya merawat area sumber mata air itu.
 


Air-air itu akan diberikan kepada Bupati Purwakarta di kantor Pemerintah Kabupaten Purwakarta.

"Muru Indung Cai itu pengambilan mata air yang kemudian dibawa ke Pemkab Purwakarta. Nanti air ini diterima oleh Bupati Purwakarta di lingkungan Pemda Purwakarta," terang Jaya Pranolo selaku Camat Wanayasa kepada Kim Purwakarta.

Jaya juga berharap adanya regulasi Pemkab Untuk kelestarian Sumber Mata Air.

"Ke depan perlu ada reguliasi dari Pemkab Purwakarta soal kelestarian mata air ini. Mengingat ada beberapa mata air yang dikuasi pihak lain menjadikan ajang bisnis, padahal warga masih sangat membutuhkan apalagi pada musim kemarau seperti saat ini," kata Jaya memberi saran.

Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat Wanayasa maupun umumnya Purwakarta yang memiliki mata air agar dapat selalu menjaga kelestarian sumber air. Begitu pun masyarakat yang berada di daerah pegunungan harus mampu menjaga lingkungan dan alam sekitarnya sehingga mata air tetap ada dan terlindungi.



(Wief)
KIM Purwakarta

Tags :

Created by: Admin

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)