-->

2020 Pemda Purwakarta Siapkan Kiarapedes Jadi Tuan Rumah Festival Manggis

Agus Rachlan Suherlan,. MM, ketika sedang menghadiri acara road show
temu tani, konsolidasi untuk penguatan anggota KTNA di Kabupaten Purwakarta,
di Balai Penyuluhan Pertanian(BPP) Kecamatan Kiarapede
s
Kiarapedes - Tahun 2020, Pemerintah daerah Kabupaten Purwakarta Provinsi Jabar, akan selenggarakan Festival Manggis. 

Menurut Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Kadis PANGTAN) Kabupaten Purwakarta, Agus Rachlan Suherlan, MM menyebutkan bahwa ditahun 2020 akan diselenggarakan kegiatan Festival Manggis tingkat Kabupaten.

"Kegiatan tersebut akan di Pusatkan di Kecamatan Kiarapedes. Dipilihnya Kecamatan Kiarapedes, alasannya adalah diwilayah ini merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi besar di bidang perkebunan manggis, yang cukup besar untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah Purwakarta," ujarnya 
Agus Rachlan Suherlan, MM. kepada KIM Kab. Purwakarta, ketika sedang menghadiri acara road show temu tani, konsolidasi untuk penguatan anggota KTNA di Kabupaten Purwakarta, di Balai Penyuluhan Pertanian(BPP) Kecamatan Kiarapedes, Kamis(15/8/2019).


Masih menurut Kadis Pangan dan Pertanian, pada saat ini tengah dipersiapkan sejumlah penataan fasilitas sentra perkebunan manggis, dan lahan percontohan kebun manggis.

"Selain di Kecamatan Kiarapedes, di Kecamatan lain pun kita juga memiliki potensi sentra perkebunan manggis seperti Kecamatan Pondok salam, Wanayasa, dan Bojong. Disekitar daerah ini terdapat penghasil manggis terbesar dan terbaik untuk Purwakarta, bahkan di tahun sebelumnya Purwakarta di Provinsi Jabar telah mengekspor produk unggulannya hingga sampai ke Mancanegara, dan itu sudah diakui oleh dunia dan negara lain," jelasnya.

Agus menambahkan, pada tahun ini kembali Purwakarta akan mengkspor buah ciri khasnya, "Pemerintah daerah beroptimisme akan lebih meningkat hasil pertaniannya," pungkas Agus, menutup kata. 



(Taufik Noval/Yusup B.)
KIM Kiarapedes & KIM Kab. Purwakarta

Tags :

Created by: Admin

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)