-->

Unit Program Tenaga Kerja Mandiri (TKM) Bidang Ternak Merangsang Usaha Produktif Mandiri Pedesaan


Purwakarta - Potensi alam di Purwakarta selain mendukung untuk usaha Pertanian cocok juga untuk Peternakan khususnya Pada Hewan pedaging seperti domba yang akan di bidik Disnakertrans Kab. Purwakarta agar masyarakat pedesaan terangsang menciptakan usaha produktif & mandiri di usia produktif.

Responden dengan tingkat minat cukup tinggi di setiap Pedesaan di wilayah Kabupaten Purwakarta yang didominasi adalah berternak domba, Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja, Disnakertrans‎ Kabupaten Purwakarta, Tuti Gantini mengatakan, dari setiap desa yang telah di observasi & diteliti melalui program Tenaga Kerja Mandiri di sisir - sisir diantara ternak jenis ikan dan unggas, domba lah yang mendominasi minat masyarakat untuk berternak.

"Kita sudah survey mayoritas warga pedesaan lebih antusias terhadap berternak domba," kata dia di kantor Disnakertrans Kab. Purwakarta. Jumat,(14/6/19)

Pihak Disnakertrans melakukan survey guna menentukan Desa yang ideal untuk disalurkanya bantuan berbentuk domba untuk diternakan dan sisanya mendapatakan bantuan berbeda seperti mesin jahit atau yang lainnya sesuai kebutuhan Desa itu sendiri.

"Desa yang berpotensi untuk penyaluran program TKM adalah Desa Karang Mukti - Bungursari, Cadasari - Tegal Waru, Taringgulandeuh - Kiarapedes, Bunder - Jatiluhur,'' terang dia.

Tak putus sampai peserta mendapatkan edukasi dari Disnakertrans, tuti juga akan melakukan pengembangan terhadap peserta dengan membantu mendistribusikan hasil produksi dari peserta TKM dengan mengintegrasikan dengan dengan Diskoperindag Kab. Purwakarta.

"Nanti mereka juga di beri arahan mencari pangsa pasar melalui permohonan rekomendasi pendistribusian pasar," kata Tuti.

Juga kepada Disnakan Kab. Purwakarta agar diberikan modul Berternak & penyuluhan.

''Nanti juga akan ada penyuluhan Dari Disnakan," pungkas. 



(Wief)
KIM Kota Purwakarta

Tags :

Created by: Admin

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)