-->

Kreativitas Masyarakat Purwakarta Mendaur Ulang Sampah Menjadi Komoditas Kerajinan Mendapat Apresiasi DLH


Purwakarta - Sampah yang kita kira akan berakhir di TPA ternyata bisa juga di olah selain di daur ulang unsurnya, juga bisa di buat barang Komoditas Kreativ seperti dibeberapa wilayah di Purwakarta yang dikelola oleh masyarakat.

Hal ini pun mendapat perhatian dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kab. Purwakarta sehingga potensinya akan terus dikembangkan guna meningkatkan produktivitas masyarakat.

"Salah satu cara untuk mengurangi sampah, kita maksimalkan potensi kelompok masyarakat yang kreatif dalam memanfaatkan sampah daur ulang," ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Purwakarta, Deden Guntara ketika ditemui di Purwakarta. Kamis (20/6/2019).
 


Pemanfaatan sampah daur ulang yang dikelola masyarakat yang sudah berjalan salah satunya di wilayah Griya Asri. Mereka mengumpulkan sampah plastik untuk dijadikan hiasan diantaranya vas bunga, pot bunga dan barang lainnya.

DLH yang terinspirasi oleh masyarakat kreativ memungkinkan pihaknya untuk memfasilitasi hingga membuat pelatihan kedepa masyarakat yang lainnya terutama membantu dalam mendapatkan bahan baku hingga pemasaran.

"Insya Allah tahun depan kita mulai kembangkan, dari bahan baku hingga bantu memasarkan produk - produk kreatif tersebut, kita berenca mengumpulkan kelompok bank sampah," kata dia kepada Kim Purwakarta.
 


Salah satu yang hari ini terus dilakukan pihak DLH, adalah terus memupuk kesadaran masyarakat terutama dalam memilah sampah ketika dibuang, apalagi sampah plastik yang sulit diurai.

"Kita juga minta masyarakat untuk memisahkan sampah organik atau non organik, terutama sampah plastik yang tidak bisa diurai salah satu cara menurunkannya dengan didaur ulang," kata Deden mengakhiri perbincangan siang itu. 



(Wief / Tisna)
KIM Kecamatan Purwakrta

Tags :

Created by: Admin

Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Purwakarta - Ajaib (Akurat, Jaringan, Aktual, Informasi dan Berita)