Program Swadaya Usaha Ikan Hias Team Advokasi Orang Jalanan



Purwakarta - Ramainya Pasar Ikan Hias, sejumlah Pemuda Tunakarya di lingkungan Kelurahan NagriKaler Kabupaten Purwakarta mendapat bantuan pemberian Ikan Hias Untuk di jual dan di budidayakan dari Team Advokasi Anak Jalanan.

Hal itu benar - benar membatu untuk aktivitas pemuda dalam kegiatan usaha mereka dalam pembentukan modal usaha, seperti yang di katakan Noval salah satu orang yang memdapat bantuan dia mengakatakan koleksi ikan nya hampir habis terjual namun tidak ada modal lagi untuk belanja persediaan.

'' pembeli ikan saya kebanyakan teman dan saudara stok saya udah hampir habis yang beli tiap hari ada biar pun belum banyak, hasil penjualan ini akan di belanjakan lagi,'' kata Noval, kamis (2/5/19) di purwakarta.

Endhan pemilik Usaha ikan hias selaku penyelenggara progam mengarahkan pemesanan jenis ikan bantuan untuk di salurkan yang laris di beli dan yang paling besar untungnya adalah ikan cupang jenis slayer.

" yang cepet penjualannya ikan moli, ghapi, mas kumpay, koki buldog, black ghost dan yang paling laris dan untungnya gede ikan cupang jenis slayer," terangnya.

Susah - susah gampang usaha ikan hias terlihat dari pemeliharaan yang berdampak pada tingkat mortalitas, namun jika di barengi oleh hobi usaha ini akan terus berjalan meskipun dengan modal seadanya, Udi seorang pemula usaha ikan hias mengatakan penghasilannya stagnan dan cukup untuk menutupi kebutuhan pribadinya.

" Alhmdulilah dari penghasilan jualan ikan hias buat beli kopi rokok sama kuota saya gak minta ke orang tua," cerita bujang kelahiran tahun 2000 itu.

Sementara di lain tempat Kang Komarudin salah satu anggota team Advokasi Orang Jalanan yang memberikan bantuan saat di temui di tempat kerjanya berharap program ini bisa memperluas kegiatan pelaku usaha ikan hias.

" yang kami harapkan orang jalanan yang di advokasi mereka bisa terangsang menciptakan lahan usaha dan mengurangi tingkat pengangguran di kabupaten purwakarta,'' kata Kang Komar siang itu kepada team.




Tujuan swadaya usaha ini merupakan upaya team Team untuk kemandirian usaha orang jalanan dari animo 5 orang yang mendapatkan bantuan diharapkan 1 orang bisa mengembangkan usaha ikan hias.




(WIB)