Launching Tim Jabar Saber Hoaks


Bandung - Launching Tim Jabar Saber Hoaks di Gedung Sate oleh Gubernur Jawa Barat Bapak Ridwal Kamil. Menurut Bapak Emil, tugas dari Jabar Saber Hoaks yaitu memantau, mendeteksi dan mengedukasi masyarakat. Dalam hal ini untuk menangkal berita yang dipalsukan alias hoaks yang terjadi di internet oleh pelaku dan korban yang berdomisili di wilayah Jawa Barat.


Kepala Diskominfo Jawa Barat Hening Widyatmoko mengatakan Tim ini terbentuk dan merupakan tugas Diskominfo Jabar. Dimana akan dilaksanakan oleh personil internal ASN Diskominfo dan Non ASN. Selain itu, lanjut dia, akan melibatkan pihak lain, seperti Biro Humas Pemprov Jabar, Biro Hukum Pemprov Jabar, Kesbangpol, Disdik Jabar, Penasihat Hukum dan petugas penghubung dari Polda Jabar. Ucap dia

"Tugas utamanya, memantau, klarifikasi, diseminasi berita Hoaks dengan tagline 'Independen, Akurat, Cepat'," jelas dia.



Adapun tugas Tim ini dapat membantu meneruskan penindakan hukum para pelaku penyebar hoaks kepada Aparat Penegak Hukum (APH). Dengan catatan, pembuat berita palsu dan korban berada di Jawa Barat.

Namun, bila Pelaku dan korban berasal dari luar wilayah Jawa Barat, maka tim tidak dapat meneruskan prosesnya dan selanjutnya menyerahkan kepada pihak Kepolisian (APH).






(ShechFuji)